Merries For Moms

5 Tanda yang Wajib Ibu Waspadai Pada Pertumbuhan Anak

0 184
5 Tanda yang Wajib Ibu Waspadai Pada Pertumbuhan Anak

Bagi para orang tua, melihat dan memperhatikan masa pertumbuhan Si Kecil tentunya adalah saat-saat yang membahagiakan. Moms dan Dads akan merasakan menjadi orang tua yang seutuhnya karena mampu melihat tumbuh kembang buah hati setiap harinya.

Jangan Terlewatkan

Sebagai orang tua yang baik maka sebaiknya Moms dan Dads harus benar-benar memperhatikan pertumbuhan Si Kecil. Jangan pernah lewatkan segala bentuk kemajuan yang ia dapatkan. Selain Moms dan Dads dapat mengajari Si Kecil dengan mudah, orang tua juga akan menemukan segala bentuk hal yang tidak beres dalam masa pertumbuhannya. Mungkin Moms dan Dads merasa kalau Si Kecil dalam kondisi wajar dan baik-baik saja. Akan tetapi sebenarnya ada beberapa tingkah laku yang menandakan kalau mereka mengalami suatu masalah dalam pertumbuhan atau perkembangannya.

5 Tanda yang Harus Diwaspadai

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang mampu menghambat tumbuh kembang Si Kecil maka sebaiknya Moms dan Dads di rumah mewaspadai hal-hal berikut ini:

Susah Tidur

Pernahkan Moms mendapati Si kecil yang susah sekali tidur atau bahkan hal tersebut sudah sering terjadi namun tetap dianggap hal yang wajar? Apabila seperti itu maka Moms salah besar karena susah tidur juga sangat mengganggu proses pertumbuhan Si Kecil. Hal ini dikarenakan bayi atau anak-anak membutuhkan jam istirahat yang lebih lama yaitu sekitar 13 hingga 16 jam dalam sehari.

Susah Makan

Banyak kasus ditemukan dimana Si Kecil sangat sulit sekali makan, terlebih lagi untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Mereka cenderung lebih memilih makan makanan siap saji atau yang manis-manis. Jika hal ini terjadi pada Si Kecil maka Moms dan Dads harus lebih memperhatikan hal tersebut.

Sering Rewel

Apabila Si Kecil terutama yang masih bayi sering rewel dan menangis, mungkin bagi sebagian orang tua menganggapnya hal wajar karena merupakan suatu bentuk interaksi. Namun, jika rewel pada Si Kecil terus-menerus terjadi setiap hari maka Moms dan Dads perlu waspada. Mungkin saja Si Kecil mengalami sakit dalam seperti terkilir atau penyakit lainnya.

Pendiam

Bagi Si Kecil yang berumur 2 hingga 6 bulan biasanya sedang dalam masa aktif berbicara yaitu dengan cara mengoceh. Apabila Moms menemukan Si Kecil selalu diam dan tidak seaktif anak bayi seumurannya maka hal tersebut perlu dipertanyakan. Segera konsultasikan ke dokter anak terbaik untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Kurang Aktif

Pada umumnya bayi dan balita akan sangat mudah sekali tertarik pada benda-benda yang ada di sekitarnya. Mereka akan berusaha bergerak kesana kemari secara aktif dan memainkan beberapa mainan. Jika Si Kecil di rumah kurang aktif dan tidak mau diajak bermain, sebaiknya Moms mencari tau apa yang sedang terjadi. Bisa jadi Si Kecil sedang sakit, tidak enak badan, atau bahkan ada hal lain yang mengganggu.

Itulah beberapa tanda dari Si Kecil yang patut diwaspadai oleh para orang tua. Sebaiknya jangan pernah meremehkan segala bentuk perubahan yang terjadi pada bayi dan anak-anak. Apabila Moms dan Dads tidak segera bertindak maka hal tersebut bisa jadi akan mempengaruhi atau bahkan menghambat pertumbuhan Si Kecil.

artikel terkait

komentar