Merries For Moms

4 Penyebab Si Kecil yang Masih Bayi Terkena Sembelit

0 1
4 Penyebab Si Kecil yang Masih Bayi Terkena Sembelit

Masa tumbuh kembang Si Kecil tidak akan selamanya berjalan mulus, Moms. Pasti ada beberapa hal yang menghambat dan membuat Moms maupun Dads pusing atau kesulitan mencari jalan keluarnya. Nah, salah satu gangguan yang sering diderita anak di masa pertumbuhannya adalah sembelit atau konstipasi. Sembelit adalah kondisi saat seseorang atau dalam hal ini Si Kecil mengalami kesulitan untuk buang air besar.

Si Kecil yang mengalami konstipasi akan menunjukkan beberapa tanda. Antara lain BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu, mengerang kesakitan saat BAB, menjadi lebih rewel, dan gelisah. Namun, kalau Si Kecil masih berusia 0 sampai 5 bulan, BAB satu seminggu masih dianggap wajar. Meski demikian, Moms tetap harus mengetahui faktor penyebab konstipasi pada Si Kecil.

Berikut ini ada empat pemicu sembelit yang perlu Moms waspadai:

Susu Formula

Peralihan sumber makanan dari ASI ke susu formula ternyata rentan akan risiko seperti konstipasi. Hal tersebut sebenarnya normal, karena kandungan ASI dan formula memang berbeda. Meski begitu, Moms harus mengantisipasinya sejak awal agar Si Kecil tidak terlalu sering mengalami sembelit. Misalnya membeli susu formula dengan bijak dan menentukan produk yang sesuai.

Makanan Padat

Selain peralihan dari ASI ke susu formula, proses pengenalan ke makanan padat pun berisiko membuat Si Kecil sembelit. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaannya yang ‘kaget’ dan belum terbiasa untuk menerima ‘benda asing’ seperti makanan padat karena sebelumnya sudah terbiasa dengan cairan dari ASI atau susu formula. Maka, Moms harus mengatur asupan makanan bagi Si Kecil sesuai usianya.

Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi pun sangat mempengaruhi kondisi tubuh Si Kecil. Sebenarnya, Si Kecil mampu menghidrasi tubuhnya sendiri dengan makanan maupun minuman yang dia santap. Misalnya dari ASI atau makanan pendamping. Meski demikian, Si Kecil tak akan terlepas dari risiko dehidrasi kalau dia kekurangan cairan. Hal tersebut yang membuat tekstur fesesnya cenderung keras.

Kondisi Medis Tertentu

Kondisi medis tertentu pun dapat membuat Si Kecil mengalami sembelit. Ada beberapa penyakit yang bisa mengganggu kinerja tubuhnya dan memicu beberapa gejala seperti konstipasi hingga alergi pada makanan. Jika hal ini terjadi, ada baiknya Moms segera berkonsultasi dengan dokter supaya Si Kecil mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga informasi ini dapat membantu Moms!

artikel terkait

komentar