Candy Pop Orange, Cake Lezat Berbahan Dasar Jeruk Segar

February 26, 2017
Candy Pop Orange, Cake Lezat Berbahan Dasar Jeruk Segar

Bosan menyajikan putri salju atau nastar untuk camilan di hari raya besar seperti Lebaran atau Natal? Berarti, Moms harus mencoba candy pop orange, kue enak dengan tampilan ceria yang terbuat dari jeruk. Warna jingga yang berpadu dengan cokelat dan putih dalam kue tersebut merepresentasikan suka cita hari raya dan pastinya menarik para tamu yang datang ke rumah untuk menyantapnya.

Bukan hanya manis dan enak, candy pop orange juga sehat karena dibuat dengan jeruk segar. Aroma khas dari buah ini pun akan semakin membuat kue tersebut semakin menarik. Moms tidak perlu cemas karena cara membuat candy pop orange juga tidak terlalu sulit. Di bawah ini ada bahan-bahan serta langkah-langkah membuat kue bernuansa jingga tersebut.

Bahan-bahan untuk Membuat Candy Pop Orange

  • Tepung terigu, 560 gram;
  • Mentega atau margarin, 130 gram;
  • Jeruk sunkist, dua buah (kupas kulitnya);
  • Telur, tiga butir;
  • Vanilla essence, satu sendok teh;
  • Cuka, satu sendok teh;
  • Yogurt, 250 gram;
  • Baking soda, satu sendok teh;
  • Bubuk cokelat, satu sendok makan;
  • Pewarna oranye untuk makanan.

Langkah-langkah Membuat Candy Pop Orange

  1. Campurkan mentega, gula, dan kulit jeruk untuk dikocok sampai mengembang dan berubah warna menjadi putih;
  2. Selanjutnya, masukkan telur satu per satu dan kocok sampai merata. Lalu, tuangkan vanilla essence, yogurt, dan cuka. Kocok sampai semuanya merata sempurna dan adonan tampak pecah. Tuangkan tepung terigu bersama baking soda, lalu aduk lagi sampai rata;
  3. Siapkan dua loyang yang sudah diolesi mentega dan kertas roti sebagai alas. Kemudian, bagi adonan menjadi dua bagian dan campurkan cokelat bubuk ke salah satu adonan. Aduk untuk kemudian dituangkan ke loyang pertama. Sementara untuk adonan kedua, masukkan pewarna oranye;
  4. Setelah itu, panggang kedua adonan kue dalam oven bertemperatur 180oC selama kurang lebih 40 menit. Lalu keluarkan dan dinginkan;
  5. Potong kue sesuai selera Moms. Sambil menyusun, olesi tiap potongan dengan sirup jeruk dan whipped cream. Masukkan kue ke dalam freezer.

Untuk Membuat Sirup Jeruk

Campurkan gula pasir (250 gram), jus jeruk segar (500 ml), dan jeruk sunkist (setengah buah, parut kulitnya) untuk kemudian direbus sampai didih. Dinginkan.

Untuk Membuat White Chocolate Ganache

Potong cokelat putih batangan (450 gram), lalu didihkan whipped cream (100 gram). Masukkan cokelat putih yang sudah dipotong ke dalam rebusan whipped cream. Aduk semuanya sampai rata dan matang, dinginkan.

Untuk Membuat Dekorasi

Keluarkan kue dari freezer dan diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Kemudian, siram kue dengan white chocolate ganache dan bekukan kembali di dalam kulkas supaya cokelat mengeras. Sajikan sesuai selera untuk 4-5 anggota keluarga.

Leave a Reply

 

Like Our page