Bubur Havermut Manis, Menu MPASI yang Lezat dan Bergizi

December 23, 2016
Bubur Havermut Manis, Menu MPASI yang Lezat dan Bergizi

Menentukan makanan pendamping ASI atau MPASI memang susah-susah gampang. Selain harus cocok untuk Si Kecil, Moms juga harus menyesuaikan dengan usianya. Sebab, sistem cernanya masih rapuh dan belum sanggup menerima makanan padat. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena ada banyak makanan yang mampu Si Kecil konsumsi sebagai pendamping ASI.

Jika Moms masih bingung, ada havermut yang dapat dimanfaatkan sebagai MPASI. Dikenal juga sebagai oat (Avena sativa L), makanan ini mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi dan mampu menjaga otak Si Kecil di pagi hari. Kemudian, havermut juga kaya akan vitamin B, vitamin E, potasium, serta seng yang meningkatkan kinerja dan fungsi otak secara optimal, Moms. Maka tak heran kalau havermut sering disantap sebagai sarapan.

Havermut juga bisa Moms olah menjadi berbagai hidangan, misalnya bubur havermut manis. Moms tidak perlu repot mengolahnya menjadi bubuk, karena sudah banyak supermarket yang menyediakan dalam kemasan yang praktis. Bukan hanya sebagai MPASI, ternyata makanan ini sangat berkhsiat bagi manula berkat khasiatnya dalam mencegah penyakit kronis seperti serangan jantung, kolesterol tinggi, hingga diabetes.

Tertarik untuk mengolah havermut sebagai bahan baku MPASI? Di bawah ini ada resep bubur havermut manis yang dapat Moms masak sendiri di rumah.

Bahan-bahan untuk Bubur Havermut Manis

  • Havermut, 150 gram;
  • Pisang ambon, dua buah (potong menjadi bulat);
  • Stroberi, 100 gram (belah jadi empat bagian);
  • Gula pasir, 75 gram;
  • Garam, seperempat sendok teh garam;
  • Susu cair, 1.000 ml;
  • Bluberry, 50 gram;
  • Cornflake rasa madu, 75 gram.

Langkah-langkah Membuat Bubur Havermut Manis

  1. Rebus havermut terlebih dahulu. Kemudian, masukan susu cair, garam, dan gula pasir. Aduk semua bahan sampat teksturnya mengental dan matang;
  2. Kemudian, tuangkan potongan pisang, stroberi, dan blueberry ke dalam panci. Aduk kembali sampai semuanya tercampur rata;
  3. Setelah semuanya matang, matikan kompor. Sajikan bubur havermut di dalam mangkuk dan beri cornflake rasa madu sebagai taburan.

Sangat mudah, bukan? Moms juga bisa mengganti pilihan buahnya sesuai selera Si Kecil. Akan lebih baik kalau Moms mengetahui terlebih dahulu jenis buah yang dia sukai, supaya dia bisa mengonsumsi bubur havermut manis dengan lahap. Potongan buah dalam santapan ini, selain untuk memenuhi gizi dan nutrisi, juga berfungsi untuk mengganti pemanis buatan yang kurang baik.

Leave a Reply

 

Like Our page