Recipe
teriyaki-beef-pasta-sajian-lezat-favorit-keluarga
Teriyaki Beef Pasta, Sajian Lezat Favorit Keluarga
0
0

Teriyaki beef adalah masakan khas dan asli dari Jepang. Masakan ini biasanya berupa daging sapi yang diolah dengan resep teriyaki. Tetapi, pernahkah Moms berpikir bahwa resep ini sangat pas dan cocok untuk dipadukan dengan makanan khas Italia. Moms bisa memadukannya dengan spaghetti sehingga terciptalah teriyaki beef pasta yang lezat dan menggugah selera. Tertarik untuk membuatnya di rumah? Moms bisa menerapkan resep teriyaki beef pasta untuk 3-4 orang dibawah ini.

Bahan – Bahan Membuat Teriyaki Beef Pasta

  • 300 gram spaghetti
  • 100 ml air bersih
  • 200 gram daging sukiyaki
  • 5 sdm saus teriyaki (dijual di pasaran)
  • 3 siung bawang putih, dicincang halus
  • 50 gram bawang bombai, diiris tipis – tipis
  • 50 gram paprika merah / hijau, diiris memanjang
  • 1 sdm minyak zaitun
  • merica bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • Katsuobushi secukupnya

 

Cara Membuat Teriyaki Beef Pasta

Untuk membuat teriyaki beef pasta, Moms bisa membaca langkah – langkah dibawah ini. Pastikan bahwa langkahnya sesuai dengan urutannya.

  1. Pertama – tama rebuslah spaghetti di dalam air mendidih. Kemudian, tambahkan garam dan masaklah selama kurang lebih 10 menit atau sampai spaghetti Setelah itu, angkat dan tiriskan sesaat
  2. Campurlah daging sukiyaki bersama garam, merica bubuk, dan saus teriyaki di dalam mangkok. Diamkan selama 10 menit agar bumbu – bumbu meresap sempurna di dalam daging.
  3. Lalu, panaskanlah minyak zaitun di dalam wajan. Tumislah bawang putih cincang dan bawang bombai sampai layu dan tercium harum
  4. Setelah itu, masukkan daging sukiyaki yang sudah direndam dengan bumbu tadi. Masak dan aduk sampai warnanya berubah
  5. Kemudian, masukkan paprika dan masaklah sampai daging sukiyaki matang. Matikan kompor dan angkat.
  6. Letakkanlah spaghetti yang sudah direbus tadi diatas piring dan kemudian berilah tumisan daging teriyaki tadi. Jangan lupa untuk memberikan taburan katsuobushi.

Apa Itu Katsuobushi?

Bagi beberapa orang mungkin belum kenal yang namanya Katsuobushi. Katsuobushi adalah salah satu bahan makanan khas Jepang. Katsuobushi adalah serutan atau irisan halus dari ikan bonito yang bentuknya mirip kayu dan keras. Katsuobushi memiliki aroma layaknya ikan asap sehingga membuat masakan menggugah selera. Biasanya bahan ini digunakan sebagai topping salad, sup, beef teriyaki, dan omelet agar rasanya lebih lezat dan gurih. Moms bisa mendapatkannya di swayalan atau supermarket.

Read more
coba-resep-singkong-thailand-ini-yuk-ibu
Coba Resep Singkong Thailand Ini Yuk Ibu!
0
0

Singkong adalah makanan yang lezat untuk diolah berbagai makanan. Singkong dulunya hanya diolah dengan direbus. Tetapi, kini singkong bisa dimasak menjadi berbagai macam makanan seperti singkong keju, opak, gethuk, dan singkong Thailand. Singkong Thailand? Sepertinya masih sedikit asing. Tetapi bagi Moms yang pencinta kuliner pasti sudah tak asing lagi. Singkong Thailand ini adalah jajanan khas Thailand yang sangat enak dan bertekstur lembut. Jajanan ini memiliki rasa manis dan gurih.

Bahan Singkong Thailand

  • ½ kg singkong, kupas dan potong
  • 200 ml air jeruk manis
  • 200 gram gula pasir
  • ½ liter air bersih
  • 1 lembar daun jeruk purut

Bahan Saus Santan

  • 150 ml santan kental
  • 1 sdm tepung maizena, dilarutkan dengan air
  • selembar daun pandan
  • garam secukupnya

Cara Membuat Singkong Thailand

Ada beberapa cara untuk mengolah singkong Thailand. Caranya cukup mudah dan praktis. Moms bisa menerapkan beberapa cara dibawah ini.

  1. Pertama – tama kupaslah singkong sampai bersih. Kemudian, potong – potonglah singkong tersebut dengan ukuran sedang.
  2. Lalu, rendamlah singkong tadi di dalam air jeruk selama kurang lebih setengah jam (30 menit). Tetapi sebelum direndam sebaiknya cucilah dulu singkong sampai bersih
  3. Sembari menunggu rendaman singkong, masak atau didihkan air terlebih dulu. Setelah air mendidih, masukkan singkong yang sudah direndam bersama gula pasir, daun pandan, dan daun jeruk purut
  4. Lalu, masaklah singkong dan sesekali diaduk perlahan sampai air rebusan mengental dan meresap sempurna ke dalam singkong
  5. Pastikan air rebusan tersisa sedikit agar singkong memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Dalam proses perebusan ini, gula pasir akan berubah menjadi caramel dan singkong akan berubah warna menjadi kuning.

Cara Membuat Saus Santan
Setelah selesai merebus singkong, saatnya Moms membuat saus santannya sebelum singkong Thailand disajikan. Inilah langkah – langkahnya.

  1. Rebuslah santan kentan bersama garam diatas api sedang. Aduklah perlahan sampai santan mendidih. Jangan lupa untuk mengaduk agar santan tidak pecah
  2. Lalu masukkan larutan maizena agar saus menjadi mengental. Saus santan siap untuk digunakan.

Penyajian Singkong Thailand

Untuk penyajian singkong Thailand ini, sebaiknya taruhlah singkong yang sudah direbus di dalam mangkok atau piring. Lalu, siramlah dengan saus santa tadi. Moms bisa menambahkan parutan keju atau meises untuk membuatnya lebih menarik. Singkong ini enak disajikan dalam keadaan dingin ataupun hangat.

Read more
candy-pop-orange-cake-lezat-berbahan-dasar-jeruk-segar
Candy Pop Orange, Cake Lezat Berbahan Dasar Jeruk Segar
0
0

Bosan menyajikan putri salju atau nastar untuk camilan di hari raya besar seperti Lebaran atau Natal? Berarti, Moms harus mencoba candy pop orange, kue enak dengan tampilan ceria yang terbuat dari jeruk. Warna jingga yang berpadu dengan cokelat dan putih dalam kue tersebut merepresentasikan suka cita hari raya dan pastinya menarik para tamu yang datang ke rumah untuk menyantapnya.

Bukan hanya manis dan enak, candy pop orange juga sehat karena dibuat dengan jeruk segar. Aroma khas dari buah ini pun akan semakin membuat kue tersebut semakin menarik. Moms tidak perlu cemas karena cara membuat candy pop orange juga tidak terlalu sulit. Di bawah ini ada bahan-bahan serta langkah-langkah membuat kue bernuansa jingga tersebut.

Bahan-bahan untuk Membuat Candy Pop Orange

  • Tepung terigu, 560 gram;
  • Mentega atau margarin, 130 gram;
  • Jeruk sunkist, dua buah (kupas kulitnya);
  • Telur, tiga butir;
  • Vanilla essence, satu sendok teh;
  • Cuka, satu sendok teh;
  • Yogurt, 250 gram;
  • Baking soda, satu sendok teh;
  • Bubuk cokelat, satu sendok makan;
  • Pewarna oranye untuk makanan.

Langkah-langkah Membuat Candy Pop Orange

  1. Campurkan mentega, gula, dan kulit jeruk untuk dikocok sampai mengembang dan berubah warna menjadi putih;
  2. Selanjutnya, masukkan telur satu per satu dan kocok sampai merata. Lalu, tuangkan vanilla essence, yogurt, dan cuka. Kocok sampai semuanya merata sempurna dan adonan tampak pecah. Tuangkan tepung terigu bersama baking soda, lalu aduk lagi sampai rata;
  3. Siapkan dua loyang yang sudah diolesi mentega dan kertas roti sebagai alas. Kemudian, bagi adonan menjadi dua bagian dan campurkan cokelat bubuk ke salah satu adonan. Aduk untuk kemudian dituangkan ke loyang pertama. Sementara untuk adonan kedua, masukkan pewarna oranye;
  4. Setelah itu, panggang kedua adonan kue dalam oven bertemperatur 180oC selama kurang lebih 40 menit. Lalu keluarkan dan dinginkan;
  5. Potong kue sesuai selera Moms. Sambil menyusun, olesi tiap potongan dengan sirup jeruk dan whipped cream. Masukkan kue ke dalam freezer.

Untuk Membuat Sirup Jeruk

Campurkan gula pasir (250 gram), jus jeruk segar (500 ml), dan jeruk sunkist (setengah buah, parut kulitnya) untuk kemudian direbus sampai didih. Dinginkan.

Untuk Membuat White Chocolate Ganache

Potong cokelat putih batangan (450 gram), lalu didihkan whipped cream (100 gram). Masukkan cokelat putih yang sudah dipotong ke dalam rebusan whipped cream. Aduk semuanya sampai rata dan matang, dinginkan.

Untuk Membuat Dekorasi

Keluarkan kue dari freezer dan diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Kemudian, siram kue dengan white chocolate ganache dan bekukan kembali di dalam kulkas supaya cokelat mengeras. Sajikan sesuai selera untuk 4-5 anggota keluarga.

Read more
fried-mozarella-cara-unik-menikmati-keju-mozarella
Fried Mozarella, Cara Unik Menikmati Keju Mozarella
0
0

Saat mendengar keju mozzarella, yang terbayang dalam benak Moms mungkin adalah lelehan keju yang dipakai sebagai topping piza. Mozzarella juga digunakan dalam berbagai hidangan Mediterania untuk memperkaya cita rasa gurih dan menambah tekstur lembut pada makanan tersebut. Namun, pernahkan Moms menyantap keju mozzarella yang diolah dengan cara digoreng?

Adalah fried mozzarella, kudapan berupa mozzarella dalam bentuk stik yang digoreng dalam balutan tepung. Fried mozzarella dapat Moms konsumsi bersama sambal atau saus tomat untuk mengimbangi rasa gurih atau asin dari keju. Menunya pun sangat mudah dipraktikan di dapur. Namun, Moms harus hati-hati saat mengolah mozzarella agar bentuknya tidak cepat meleleh saat digoreng dalam minyak panas. Moms dapat membungkusnya dalam lapisan ganda agar kejunya tidak bocor saat digoreng.

Berikut adalah resep fried mozzarella yang hanya akan memakan waktu kurang dari 1 jam untuk Moms yang ingin mempraktikannya.

Bahan-bahan untuk Membuat Fried Mozzarella

  • Keju mozzarella, 100 gram (potong sesuai selera);
  • Tepung roti atau panir, satu cup;
  • Tepung terigu, setengah cup;
  • Susu cair, seperempat cup;
  • Keju parmesan parut, seperempat cup;
  • Telur, dua butir;
  • Bawang putih bubuk, satu sendok teh;
  • Daun thyme kering atau herbs campur, setengah sendok teh;
  • Merica dan garam secukupnya.

Langkah-langkah Membuat Fried Mozzarella

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung panir, bawang putih bubuk, parmesan, herbs atau thyme, garam, dan merica ke dalamnya. Aduk semua bahan sampai tercampur rata;
  2. Di dalam wadah lain, masukkan telur yang sudah dimasukkan, susu cair, dan sedikir merica serta garam untuk kemudian diaduk sampai semuanya tercampur rata;
  3. Di wadah ketiga, siapkan tepung terigu;
  4. Kemudian, masukkan mozzarella yang sudah dipotong ke dalam tepung terigu dan lumuri sampai merata. Setelah itu, masukkan ke dalam telur sampai semuanya terbalur rata;
  5. Setelah itu, masukkan potongan keju ke dalam tepung roti. Tekan-tekan agar menempel hingga seluruh permukaan keju terbalut sempurna. Masukkan kembali ke dalam telur dan tepung roti untuk membuat lapisan ganda. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kebocoran pada keju. Lakukan pada semua keju mozzarella sampai habis;
  6. Sebelum digoreng, masukkan keju mozzarella ke dalam freezer selama kurang lebih dua jam supaya lapisan tepungnya merekat sempurna dan tidak lepas saat masuk minyak panas;
  7. Selanjutnya, keluarkan keju dan olah dengan memakai teknik deep fry. Rendam potongan keju dalam minyak supaya matang secara menyeluruh;
  8. Goreng setiap potongan keju selama kurang lebih tiga menit. Moms harus mengawasinya untuk menjaga agar tidak ada keju yang bocor. Jika potongan keju matang dan tepung berubah warna menjadi cokelat keemasan, angkat dan sisihkan.
  9. Sajikan satu porsi fried mozzarella tersebut dengan saus atau sambal.
Read more
 

Like Our page