Merries For Moms

Waspadai Gatal Berlebih Saat Kehamilan

0 37
Waspadai Gatal Berlebih Saat Kehamilan

Ada banyak sekali masalah saat masa kehamilan. Salah satunya adalah gatal di sekitar perut. Jika gatal sesekali mungkin tidak terlalu mengganggu, tapi jika gatalnya sering pasti akan sangat menganggu. Karena itu, ada baiknya mewaspadai gatal yang berlebihan saat kehamilan. Umumnya, gatal saat kehamilan terjadi pada trimester pertama bahkan hingga trimester terakhir. Gatal terjadi di daerah pusar, perut, dan payudara.

Lalu, apa penyebab gatal pada saat kehamilan, Moms? Ternyata gatal tersebut adalah reaksi kulit. Semakin besar masa kehamilan, maka kulit akan semakin meregang. Karena meregang dengan tiba-tiba itulah, kulit menjadi gatal.

Salah satu penyebab rasa gatal berlebih selama kehamilan adalah adalah iritasi pada lipatan tubuh yang diakibatkan oleh pergesekan kulit yang diakibatkan oleh kenaikan berat badan ibu hamil dan berubahnya kadar hormon estrogen dan progestin sehingga terjadi penumpukan bilirubin dan asam empedu ringan pada ibu hamil.

Masa kehamilan biasanya juga rawan terjadi alergi. Jika terjadi alergi, maka akan memicu gatal bahkan jika tidak segera diatasi, gatal akan semakin berlebihan dan mengganggu.

Apa yang harus Moms lakukan jika sampai terjadi gatal saat hamil? Jangan terlalu sering menggaruknya. Saat gatal terjadi, oleskan krim atau lotion agar gatal berkurang. Ada baiknya melakukan olahraga ringan agar lemak tidak menumpuk. Jika tidak terlalu banyak lemak yang menumpuk, maka tidak akan terjadi gatal. Atur pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat termasuk buah dan sayuran. Buah dan sayuran akan menjaga metabolism saat hamil sehingga tidak akan terjadi alergi ataupun masalah lainnya yang memicu gatal yang berlebihan saat hamil

Jika semua cara sudah dilakukan tetapi gatal tetap tidak hilang, segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Dokter akan memberikan saran yang tepat untuk mengatasi gatal tersebut. Semoga saja setelah mendapatkan solusi dari dokter, gatal akan segera berangsur-angsur berkurang dan tidak terjadi lagi. Dengan mengatur dan mematuhi aturan saat hamil, gatal justru tidak akan terjadi dan proses kehamilan menjadi lebih lancar dan nyaman. Setidaknya, setelah membaca informasi ini Moms tahu kenapa perut tiba-tiba menjadi gatal saat hamil. Setelah itu, Moms akan melahirkan Si Kecil dengan sehat dan tanpa kendala apapun.

artikel terkait

komentar