Trik-Trik Atasi Masalah Menjelang Persalinan

January 3, 2017
Trik-Trik Atasi Masalah Menjelang Persalinan

Ketika usia kandungan sudah mencapai 9 bulan maka banyak ibu hamil yang was-was dengan adanya beberapa masalah menjelang persalinan. Hal ini tentu saja akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan baik secara fisik maupun psikologi mereka. Jika usia kandungan Moms sudah mulai menginjak 9 bulan atau menjelang persalinan, maka ada baiknya jika lebih memperhatikan mengenai hal tersebut.

Masalah yang Biasa Terjadi

Stress adalah masalah pertama yang seringkali dialami oleh para ibu hamil kebanyakan. Rasa takut serta khawatir akan proses persalinan akan semakin membuat kondisi psikologi Moms semakin melemah. Ketika mengalami stress berat, maka kesehatan si kecil di dalam kandungan akan terganggu. Selain itu masalah kedua yang juga sering muncul ialah nyeri perut akibat adanya kontraksi. Tidak dapat dipungkiri kalau Moms pastinya menjadi lebih tegang dan takut ketika sudah mulai merasakan adanya kontraksi.

Trik Cerdas untuk Mengatasinya

Moms tak perlu merasa terlalu khawatir karena ada beberapa trik cerdas dan jitu untuk mengatasi masalah menjelang persalinan.

Mempersiapkan Mental

Jika ini adalah kali pertamanya Moms hamil, maka sudah wajar kalau Moms merasa gugup, tegang, dan khawatir terhadap proses persalinan yang sebentar lagi akan datang. Namun untuk mengatasi rasa tersebut, Moms harus mempersiapkan mental sejak jau-jauh hari dengan cara berdoa untuk keselamatan selama persalinan serta selalu berfikiran positif.

Rajin Berkonsultasi

Jangan hanya melakukan cek kehamilan secara rutin dan merasa puas jika kondisi kandungan tetap sehat. Namun, Moms juga perlu sering berkonsultasi dengan dokter untuk menceritakan segala hal mengenai perkembangan janin selama masa mengandung. Moms bisa bercerita mengenai masalah-masalah kecil yang terjadi, ketakutan diri sendiri terhadap persalinan, dan jangan lupa untuk meminta tips serta saran dari dokter untuk mengatasi permasalahan tersebut. Disini, dokter kandunganlah yang paling mengerti dan tau cara mengatasi apa yang Moms rasakan seputar kehamilan.

Melakukan Pemijatan Kecil

Jika Moms merasakan nyeri saat menjelang persalinan, maka lakukanlah pemijatan ringan yang lembut untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Mintalah bantuan orang tua atau suami untuk memberikan pijatan pada bagian punggung dan pinggul.

Mendengarkan Musik

Musik memiliki kekuatan luar biasa untuk memberikan ketenangan pada otak dan jiwa manusia. Apabila Moms merasa gugup ketika menjelang persalinan, maka cobalah untuk mendengarkan beberapa alunan musik yang lembut.

Lakukan Latihan Pernafasan

Nah, latihan pernafasan ini seharusnya dilakukan jauh sebelum proses menjelang persalinan. Hal ini bertujuan agar Moms dapat melakukan teknik pernafasan dengan benar agar proses melahirkan berjalan dengan baik.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, masalah menjelang persalinan dapat diatasi dengan mudah dan dapat merasa lebih rileks ketika menghadapi proses persalinan.

Leave a Reply

 

Like Our page