Tips Tetap Sehat Saat Hamil Kembar

November 2, 2016
Tips Tetap Sehat Saat Hamil Kembar

Mengandung janin kembar memang sedikit berbeda dalam perawatannya. Perawatan kehamilan kembar ini akan menguras energi dan perhatian Moms. Kehamilan kembar beresiko sangat tinggi terhadap keselamatan Moms. Gejala di awal kehamilan kembar jauh lebih parah daripada yang normal. Dan semuanya akan terasa sangat berat. Agar tetap sehat selama hamil kembar, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

Memperhatikan Pola Makan

Selama kehamilan kembar, Moms akan mudah lelah dan lesu. Agar tetap sehat dan bugar, Moms harus memperhatikan pola makan dan asupan gizi yang masuk setiap harinya. Kenapa? Asupan gizi dan pola makan teratur akan mempengaruhi kesehatan janin dan Moms sendiri. Jangan lupa makan makanan bergizi dan berserat tinggi seperti ikan, telur, susu, buah – buahan dan sayuran. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih dengan takaran tepat untuk menghindari dehidrasi dan sembelit saat menjelang kelahiran.

Berolahraga

Agar kesehatan janin dan badan Moms lebih terjaga saat kehamilan anak kembar, tak ada salahnya untuk berolahraga ringan yang bisa memperlancar proses persalinan dan kehamilan. Namun, sebelum berolahraga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan tentang jenis olahraga yang tepat untuk kehamilan. Misalnya berenang yang bisa mengurangi cedera pada rahim dan janin sehingga tubuh Moms lebih kuat saat hamil anak kembar.

Berlatih Senam Panggul dan Pilates

Latihan senam panggul adalah salah satu upaya agar kehamilan kembar berjalan lancar. Latihan panggul sangat cocok untuk Moms yang mengandung janin kembar. Latihan ini pastinya mempunyai tujuan tertentu yaitu menjaga keelastisan panggul sehingga memperlancar proses persalinan anak kembar. Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk mengencangkan otot – otot vagina. Selain latihan panggul, pilates juga salah satu jenis senam yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan proses kehamilan dan persalinan anak kembar. Dengan melakukan pilates, pastinya bisa mengurangi nyeri di panggul dan punggung sehingga lebih nyaman dalam menghadapi kehamilan.

Pemeriksaan Medis Secara Rutin

Bila Moms mengandung janin kembar, usahakan memeriksakan kesehatan secara rutin di dokter kandungan karena Moms mengandung dua bayi sekaligus. Perlu Moms ketahui juga bahwa kehamilan kembar lebih beresiko keguguran dibandingkan kehamilan normal. Lakukanlah perawatan ketat terhadap janin kembar yang ada di perut Moms. Disarankan untuk meningkatkan pemeriksaan kehamilan saat memasuki trimester tiga untuk melihat perkembangan si kembar di dalam perut. Itulah tadi yang harus Moms lakukan bila mengandung janin kembar.

Leave a Reply

 

Like Our page