Merries For Moms

Tips Bersalin Lancar dan Cepat

0 44
Tips Bersalin Lancar dan Cepat

Sebagai ibu hamil, pastinya Moms memiliki aktivitas fisik yang kurang dan tak sepadat biasanya. Moms sudah jarang jalan – jalan keluar rumah karena biasanya hanya berkutat di dalam rumah saja. Padahal melakukan aktivitas di luar rumah lebih aktif akan mempermudah persalinan lebih lancar dan cepat. Tak ada salahnya Moms melakukan beberapa tips dibawah ini.

Berjongkok

Posisi jongkok ternyata dipercaya menjadi posisi alami untuk membantu proses persalinan. Tak ada salahnya Moms berjongkok atau melakukan gerakan jongkok. Sedikit sulit tetapi akan sangat berguna untuk proses persalinan. Dengan berjongkok, maka otot perut dan paha akan lebih kuat. Otot paha dan perut yang jauh lebih kuat pastinya akan membuat persalinan lebih lancar dan cepat karena mampu mendorong bayi dari dalam rahim untuk keluar. Latihan berjongkok selama kehamilan akan membuat elastisitas jalur bersalin dan membuatnya terbuka lebih lebar.

Menguasai Teknik Pernapasan yang Tepat

Agar Moms bersalin lebih lancar dan cepat, ingat dan kuasailah teknik pernapasan yang tepat. Moms harus mengatur napas dan cara bernapas saat menjalani proses persalinan agar pikiran lebih tenang. Bernapas dengan baik akan mengikat banyak oksigen yang terhirup dan dialirkan pada seluruh sel – sel tubuh, dan otot rahim agar bisa berkontraksi dan mengeluarkan janin lebih kuat. Dengan proses pernapasan yang baik akan membuat pikiran rileks dan membuat otot – otot tubuh mengendur.

Sering Berjalan

Walaupun aktivitas Moms terbatasi saat hamil, tak ada salahnya untuk tetap bergerak aktif. Salah satunya adalah dengan berjalan. Berjalan membuat proses persalinan akan berjalan lancar. Moms bisa berjalan, duduk tegak, ataupun berdiri sehingga gravitasi bumi bisa menarik kepala janin yang sudah keluar di jalan lahir. Kepala si janin secara tak langsung akan menarik mulut rahim dan membuat proses pembukaan dimulai.

Melakukan Pijatan

Untuk memperlancar proses persalinan, tak ada salahnya untuk menikmati pijatan. Moms bisa meminta pijatan suami pada area pinggul yang membuat Moms merasa rileks dan nyaman. Pijatan ini dilakukan menjelang proses persalinan agar Moms lebih siap saat melahirkan. Kondisi pikiran dan tubuh yang rileks akan mempengaruhi organ tubuh agar lebih kendur.

Menghirup Aromaterapi

Agar proses persalinan lebih lancar, tak ada salahnya Moms menghirup aromaterapi. Lavender dapat menjadi pilihan tepat untuk membantu menyamarkan rasa sakit dan membuat Moms lebih rileks dan santai. Minyak terapi lavender mengandung zat yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengendurkan otot – otot rahim.

artikel terkait

komentar