Merries For Moms

Solusi Ampuh Atasi Sakit Punggung Saat Masa Kehamilan Ini Bisa Dicoba Moms!

0 10
Solusi Ampuh Atasi Sakit Punggung Saat Masa Kehamilan Ini Bisa Dicoba Moms!

Sakit punggung atau back pain merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap mengganggu banyak kalangan. Moms yang sedang mengandung pun akan mengalami sakit punggung dan keluhan ini semakin sering terjadi seiring bertambahnya usia kehamilan. Hal tersebut dikarenakan kenaikan bobot badan dan hormon yang membuat ligamen serta otot-otot di seluruh tubuh mengendur. Namun, Moms tak perlu khawatir karena sakit punggung dapat diatasi.

Berikut ini ada beberapa solusi yang dapat Moms terapkan untuk mengurangi sakit punggung.

Menjaga Sikap Tubuh

Ketika sedang mengandung, gravitasi tubuh Moms akan pindah ke depan. Beban yang kian bertambah pun membuat risiko sakit punggung semakin tinggi. Untuk mengatasinya, jagalah sikap tubuh Moms dengan berdiri tegak, tidak mengatupkan lutut, dan pastikan pundak bersandar relaks ke belakang.

Pakaian yang Tepat

Carilah pakaian yang longgar dengan bahan yang nyaman di kulit Moms. Selain itu, pakai ikat pinggang khusus ibu hamil yang dapat menjadi penyokong tambahan saat kandungan semakin membesar. Moms pun harus menghindari sepatu hak tinggi dan menggantinya dengan alas kaki datar yang nyaman.

Cara Mengangkat Benda

Posisi mengangkat benda yang salah ternyata dapat menimbulkan risiko sakit punggung yang tinggi. Jika Moms ingin mengangkat sesuatu, pastikan Moms jongkok dulu, lalu angkat memakai kaki. Hindari posisi menekuk pada bagian pinggang atau mengangkat dengan kekuatan punggung.

Posisi Tidur Menyamping

Untuk tidur, posisi yang paling sering dianjurkan adalah menyamping dengan salah satu atau kedua lutut Moms yang tertekuk. Selain itu, tempatkan bantal di antara dua lutut, bawah perut, atau bagian tubuh lainnya untuk membantu Moms mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Pastikan Tubuh Tetap Nyaman

Moms dapat mengompres punggung menggunakan bantalan panas atau kotak berisi es sesuai dengan kebutuhan. Hal-hal lain yang dapat membuat tubuh merasa nyaman saat sedang hamil meliputi aktivitas menggosok punggung atau pijat khusus kehamilan secara rutin.

Aktif Menggerakkan Tubuh

Hamil bukan berarti Moms malah bergerak dengan alasan bobot tubuh yang kian bertambah. Sebab, ada banyak kegiatan fisik yang cocok dilakukan ibu hamil seperti jalan kaki hingga berenang. Namun, Moms harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memilih jenis olahraga yang sesuai.

Selain menerapkan hal-hal di atas, Moms juga dapat memilih beberapa terapi sebagai pendamping untuk mengurangi sakit punggung selama sedang hamil.

artikel terkait

komentar