Merries For Moms

Perubahan-Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Hamil

0 7
Perubahan-Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Hamil

Perubahan tubuh ibu hamil merupakan suatu adaptasi dari tubuh manusia untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Sebenarnya ada dua jenis perubahan yang terjadi ketika sedang hamil yaitu perubahan fisik dan juga non fisik. Akan tetapi, sebagian besar ibu hamil lebih mempermasalahkan adanya perubahan fisiknya.

Apa yang Mereka Khawatirkan?

Khawatir terhadap adanya perubahan drastis pada tubuh ibu hamil adalah suatu masalah yang sudah biasa terjadi. Perubahan bentuk fisik merupakan hal yang paling ditakuti dan terkadang di sesali oleh sebagian wanita. Biasanya mereka merasa takut akan menjadi gemuk, kulit wajah dan bentuk payudara yang mengendur, dll. Pernahkah Moms sendiri merasakan dilema seperti itu? Hal tersebut adalah suatu kondisi psikologis yang wajar karena pada dasarnya semua wanita ingin tampil cantik serta menarik.

Apa Saja Bentuk Perubahan Tersebut?

Bentuk tubuh pada seorang wanita yang sedang hamil memang sudah pasti terjadi. Tentunya Moms akan mengalami perubahan-perubahan yang terjadi khususnya pada bentuk fisik, diantaranya seperti berikut:

Rambut Sulit Diatur

Jika sebelumnya Moms memiliki rambut yang lembut dan mudah diatur maka hal tersebut akan berbeda ketika Moms sedang dalam keadaan hamil. Rambut pada ibu hamil biasanya akan cenderung lebih kaku, mudah kusut, dan menjadi menipis. Hal tersebut karena adanya pengaruh hormonal yang tidak menentu saat masa kehamilan.

Kulit Menjadi Kusam

Perubahan juga terjadi pada warna kulit yang tadinya cerah kemudian berubah menjadi lebih kusam, gelap, berminyak, dan kering. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormonal dimana menambah pigmen warna pada kulit.

Bentuk Payudara

Apakah Moms merasakan nyeri di sekitar payudara ketika masa kehamilan? Ya, tentu saja hal tersebut akan terjadi karena bentuk payudara Moms akan lebih berisi untuk mempersiapkan air ASI bagi si kecil ketika lahir nanti.

Berat Badan Naik

Nah, inilah perubahan fisik yang sangat mencolok dari ibu hamil. Adanya perubahan meningkatnya nafsu makan pada ibu hamil akan berdampak juga terhadap bentuk tubuhnya. Maka jangan heran jika selain perut yang buncit, perlahan-lahan bentuk tubuh Moms akan semakin lebar dan membesar seiring bertambahnya usia kandungan.

Mulai berubahnya bentuk tubuh ibu hamil memang tidak dapat dihindari karena sebagai dampak dari sistem hormon dan reaksi tubuh manusia yang mempersiapkan diri untuk masa kehamilan.

artikel terkait

komentar