Merries For Moms

Pakai Make-Up saat Hamil, Amankah?

0 6
Pakai Make-Up saat Hamil, Amankah?

Kehamilan terkadang membuat Moms menjadi lusuh dan kurang menarik. Hal ini pastinya memotivasi Moms untuk berdandan secantik mungkin saat hamil. Moms mencoba memakai make up saat hamil. Pemakaian makeup saat hamil masih menjadi pro dan kontra. Ada yang menganggap bahwa pemakaian makeup di saat hamil kurang bagus bagi kesehatan. Benarkah itu?

Memperhatikan Bahan Dasar Kosmetik Terlebih Dahulu

Tampil cantik dengan memakai makeup seringkali dilakukan agar membuat Moms terlihat cantik dan menawan. Hal ini masih boleh dilakukan asalkan memperhatikan peraturannya. Pemilihan kosmetik harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Jangan sampai Moms memilih kosmetik secara sembarangan. Perhatikanlah bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik tersebut apakah cukup aman bagi janin di dalam kandungan Moms atau tidak.

Ada beberapa jenis kosmetik yang harus Moms hindari selama masa kehamilan bila ingin memakai makeup. Hal ini mengingat adanya bahaya yang mengintai kesehatan janin dan ibu hamil. Hindarilah kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia seperti ftalat. Ada dua jenis ftalat yang harus dihindari yaitu dibutyl ftalat dan diisobutil ftalat. Kedua bahan tersebut merupakan bahan kimia kelas wahid yang biasanya ditemukan di dalam barang-barang rumah tangga. Kedua kandungan kimia tersebut bisa menurunkan intelektualitas bayi dan IQ rendah. Bahan kimia di dalam kosmetik ini biasanya ditemukan di dalam bedak, lotion, parfum, dan lainnya yang terserap melalui aliran darah dan kulit. Bahan kimia tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui plasenta dan kemudian dialirkan ke dalam ASI. Oleh karena itu, amat penting untuk membatasi pemaparan dan penyerapan zat kimia ini agar Si Kecil sehat dan tak terlahir idiot.

Kosmetik yang digunakan saat berdandan belum tentu baik dan bagus digunakan saat Moms hamil. Ada baiknya untuk lebih selektif untuk memilih jenis kosmetik dan bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik tersebut. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kelahiran yang kurang normal dan sempurna yang diakibatkan oleh kandungan kosmetik yang meracuni janin dan tubuh Moms.

Konsultasikan Terlebih Dahulu pada Dokter Kandungan

Perubahan hormon saat hamil juga mempengaruhi kondisi kulit sehingga terlihat kusam dan hitam. Hal ini membuat Moms semakin gencar untuk berdandan. Bahkan terkadang ada yang makeup sekaligus melakukan perawatan di salon. Sebelum Moms memakai makeup, hendaknya Moms berkonsultasi terlebih dulu pada dokter kandungan dan kulit agar mengetahui lebih lanjut kosmetik mana yang aman bagi kesehatan. Pilihlah kosmetik dengan bahan dasar alami ataupun air.

artikel terkait

komentar