Merries For Moms

Pakai Cara Ini untuk Menghitung Usia Kehamilan dan HPL

0 201
Pakai Cara Ini untuk Menghitung Usia Kehamilan dan HPL

Jika Moms saat ini sedang dalam keadaan hamil maka menghitung usia kehamilan adalah suatu hal yang wajib. Selain itu, menghitung HPL atau yang biasa disebut Hari Perkiraan Lahir juga harus Moms dan Dads perhatikan baik-baik. Hal tersebut bertujuan agar Moms dan Dads mampu mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan demi menyambut datangnya Si Kecil.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Ketika mulai memasuki awal pertama kehamilan, sudah pasti dokter kandungan Moms telah memberikan tips dan trik tertentu untuk menghitung usia kehamilan. Berikut ini adalah cara-cara yang biasanya digunakan:

Siklus Menstruasi

Moms dapat menghitung periode haid terakhir untuk mengetahui berapa usia kandungan atau kehamilan. Nah perkiraan untuk perkiraan hari kelahiran Si Kecil sendiri adalah 40 minggu setelah hari pertama Moms mengalami menstruasi.

Menggunakan USG

Cara ini merupakan cara yang sangat akurat sekali karena Moms akan ditemani oleh seorang dokter ahli kandungan. Dengan pemeriksaan USG sudah dipastikan Moms dan Dads akan mengetahui berapa usia kehamilan tersebut. Dokter juga akan menjelaskan perkembangan Si Kecil di kandungan secara rinci sehingga Moms dan Dads sudah mengetahui tentang HPLnya.

Pemeriksaan HCG

Human Chrionic Gonadotropin atau HCG juga dapat dilakukan apabila Moms ingin menghitung usia kandungan dan perkiraan hari lahir Si Kecil. Di sini, Moms akan menjalani sebuah tes dengan diambil sampel darah atau urin. Dokter akan meneliti tentang usia kehamilan Moms dari HCG yang ditemukan dalam darah atau urin tersebut.

Kalkulator Kehamilan

Nah untuk Moms yang tak ingin repot tentang cara-cara menghitung usia kehamilan dan juga hari perkiraan lahir maka Moms dapat menggunakan kalkulator kehamilan. Alat yang satu ini bisa digunakan dengan mudah karena tersedia di internet. Ada banyak situs kehamilan yang menyediakan kalkulator kehamilan yang dapat Moms kunjungi dan salah satunya adalah website Merries. Untuk menggunakan Due Date Calculator, Moms tinggal klik di sini. Dengan begitu, para wanita yang sedang hamil tak perlu khawatir lagi karena mereka bisa menghitung usia kehamilan sekaligus memperkirakan HPL tanpa harus bersusah payah.

Walaupun ada banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan, namun banyak wanita hamil yang lebih mempercayakan segala sesuatunya pada dokter atau bidan. Hal ini memang benar karena Moms akan mendapatkan perkiraan serta penjelasan yang lebih akurat. Apabila Moms dan Dads telah mengetahuinya secara pasti maka akan lebih mudah lagi untuk memperkirakan HPL atau kapan Si Kecil akan lahir. Dengan begitu, Moms dan Dads dapat melakukan persiapan lebih matang seperti menjaga kesehatan janin, pemeriksaan rutin, mempersiapkan persalinan dan sebagainya.

 

artikel terkait

komentar