Naik Berat Badan Terlalu Banyak Ketika Hamil Berbahaya untuk Janin

February 2, 2017
Naik Berat Badan Terlalu Banyak Ketika Hamil Berbahaya untuk Janin

Mengalami kenaikan bobot memang menunjukkan kalau gizi dan nutrisi yang kita makan dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Akan tetapi, apakah Moms tau kalau ternyata berat badan yang naik secara drastis saat mengandung dapat berpengaruh buruk terhadap janin?

Kehamilan yang Tak Sehat

Perlu Moms ketahui kalau sebenarnya kenaikan berat badan yang sangat ideal bagi para ibu hamil ada pada angka 11 hingga 16 kg. Apabila Moms mengalami kenaikan berat badan yang lebih dari angka tersebut maka dapat digolongkan kandungan Moms tidak sehat. Ada banyak kasus yang mengatakan kalau kenaikan bobot yang terlalu berlebihan pada ibu hamil sangat membahayakan sekali bagi kesehatan janin. Bahkan sebuah laporan di Amerika menyebutkan bahwa 47% para ibu hamil yang memiliki kelebihan berat badan mengalami resiko kesehatan selama masa hamil hingga melahirkan.

Apa Saja Bahayanya?

Nah, berikut ini adalah beberapa bahaya jika Moms mengalami kenaikan berat badan yang terlalu drastis:

Resiko Penyakit Diabetes

Berat badan yang berlebihan akan meningkatkan resiko Moms terkena penyakit diabetes. Hal yang lebih parah lagi adalah bisa menulari janin yang ada di dalam kandungan karena penyakit ini merupakan penyakit keturunan.

Obesitas Pada Si Kecil

Resiko selanjutnya adalah adanya obesitas pada Si Kecil setelah lahir. Hal tersebut pastinya sangat berbahaya sekali. Obesitas mampu menimbulkan berbagai penyakit berbahaya antara lain seperti jantung, kolesterol, dan sebagainya.

Bayi Lahir Cacat/ Prematur

Bahaya bayi yang memiliki obesitas adalah memiliki resiko lahir cacat dan juga prematur ketika lahir, contohnya seperti cacat tabung syaraf.

Timbul Ketidaknyamanan

Moms juga nantinya akan merasa sangat terganggu sekali dengan adanya kenaikan berat badan yang terlalu drastis. Akan ada banyak sekali gangguan kesehatan selama masa kehamilan seperti nyeri punggung, kaki, wasir, pegal-pegal, nyeri sendi, dan sebagainya.

Resiko Preeklampsia

Masalah kesehatan yang satu ini sangat berbahaya sekali yaitu dimana Moms akan mengalami gangguan ginjal dan juga hati. Selain itu, bahaya lain adalah adanya resiko solusio plasenta atau bahkan penyakit komplikasi lainnya.

Mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan ternyata terbukti memberikan berbagai resiko buruk terhadap kesehatan, baik itu untuk para ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu, Moms harus senantiasa menjaga kesehatan yaitu dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang sehat seperti buah dan sayur.

Leave a Reply

 

Like Our page