Moms Bisa Melancarkan ASI dengan Pijat Laktasi

October 5, 2016
Moms Bisa Melancarkan ASI dengan Pijat Laktasi

Sebagai ibu yang baru melahirkan dan baru memasuki tahap menyusui, Moms tentunya akan sangat memperhatikan kualitas ASI (Air Susu Ibu) untuk si Kecil. Karena masih belum bisa makan dan minum sendiri, si Kecil sangat tergantung dengan kandungan yang terdapat di dalam ASI. Maka dari itu, Moms pun harus bisa menyediakan pasokan air susu yang mencukupi kebutuhan sang buah hati.

Sayangnya, masih ada sebagian ibu menyusui yang mengalami kesulitan dan tidak bisa memberikan ASI eksklusif untuk si Kecil. Masalah tersebut dapat disebabkan beberapa hal, salah satunya kondisi Moms yang kurang relaks atau stres, sehingga menghambat ASI keluar dengan lancar. Namun, Moms tak usah cemas, karena ada banyak cara untuk mengatasi gangguan tersebut, antara lain memakai teknik pijat laktasi.

Pijat laktasi dapat dipraktikan terhadap ibu menyusui yang payudaranya membengkak atau ada masalah yang menghambat keluarnya ASI. Kemudian, teknik ini dapat dilakukan sendiri oleh Moms. Untuk hasil yang lebih optimal, Moms juga dapat meminta bantuan Dads. Selain itu, pijat laktasi juga tidak mencakup bagian payudara saja, tetapi sampai ke tengkuk, punggung, dan bagian tubuh lainnya. Sementara Moms menangani bagian payudara, Dads dapat memijat bagian tubuh yang lain.

Dilansir dari situs web RS Universitas Airlangga, ternyata pemijatan pada beberapa bagian tubuh dapat membawa dampak positif baik secara fisik maupun psikis. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi Moms yang ingin meningkatkan produksi ASI bagi si Kecil. Sebelum mempraktikannya, Moms perlu tahu cara atau metode tepat dari pijat laktasi.

Pertama, Moms diminta untuk melepaskan bra untuk memudahkan teknik pemijatan. Selanjutnya, lumuri bagian-bagian tubuh yang hendak dipijat menggunakan minyak zaitun. Moms juga bisa memakai minyak lain seperti virgin coconut oil, minyak almond, atau cocoa butter. Kemudian, lakukan pemijatan di bagian-bagian tubuh seperti kepala, leher, pundak, punggung, serta payudara. Pastikan pijatan yang Moms atau Dads lakukan pada bagian-bagian tadi terasa lembut dan menimbulkan sensasi relaks.

Teknik yang dapat Moms praktikan dalam pijat laktasi adalah teknik melingkar atau sering disebut juga dengan butterfly stroke. Teknik dapat merangsang atau menstimulasi payudara untuk memproduksi ASI. Kemudian, arahkan jari ke arah areola yang berada di sekitar puting payudara. Setelah itu, tekan puting menggunakan dua jari sampai ASI Moms keluar dengan lancar.

Leave a Reply

 

Like Our page