Merries For Moms

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Kehamilan Penting Lho Moms!

0 2
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Kehamilan Penting Lho Moms!

Hamil adalah kondisi yang dilematis bagi setiap Moms. Perawatan kehamilan begitu kompleks dan detail termasuk juga perawatan kesehatan gigi dan mulut. Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan adalah hal penting loh. Jangan sampai Moms mengabaikannya karena berpengaruh terhadap kesehatan janin dan diri Moms sendiri.

Perubahan Hormon Selama Kehamilan

Wanita hamil pastinya mengalami beberapa perubahan di sana sini termasuk juga perubahan hormon yang sangat drastis. Jumlah hormon progesterone akan meningkat tajam. Hal ini pastinya berdampak signifikan terhadap rongga mulut. Jaringan lunak di dalam mulut menjadi mudah mengalami peradangan terutama bagian gusi. Kondisi ini ditandai dengan adanya bercak berwarna merah di gusi, darah pada area mulut, dan gusi menjadi bengkak. Penyebabnya bisa dikarenakan kurangnya kebersihan gigi dan mulut saat kehamilan. Bila kebersihan dan kesehatan gigi mulut semakin rendah selama kehamilan, maka resiko yang ditimbulkan semakin besar.

Adanya Perubahan Pola Makan

Selama masa kehamilan, Moms biasanya menjadi mudah lapar sehingga makan dan minum dengan porsi jauh lebih banyak. Terkadang ada juga Moms yang menyukai jenis makanan tertentu saat kehamilan seperti makanan manis dengan kandungan gula yang tinggi. Hal ini akan memperbesar terjadinya karies pada gigi. Bila dibiarkan karies ini akan menimbulkan lubang gigi dan akan semakin sakit bila dibiarkan terus menerus. Kondisi ini akan mengganggu kesehatan Moms selama kehamilan.

Menginfeksi Janin di dalam Kandungan

Gigi berlubang yang menyebabkan infeksi berdampak sangat buruk bagi kesehatan Moms dan janin selama kehamilan. Infeksi pada gigi, mulut, dan gusi ternyata bisa menularkan infeksi pada janin yang dikandung Moms. Penularan infeksi ini bisa dilakukan melalui peredaran dan sirkulasi darah plasenta. Hal ini dikarenakan adanya kuman dan bakteri fusobacterium nucleatum yang akan menginfeksi gusi Moms yang sedang hamil. Kuman ini bisa ditemukan di dalam janin. Bila infeksi sudah semakin parah dan lama, maka ini akan meningkatkan resiko terjadinya keguguran.

Mengganggu Kesehatan Jantung Ibu Hamil

Infeksi pada gigi dan mulut tak boleh dipandang remeh. Berkembangnya bakteri di gigi berlubang bisa dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh melalui peredaran darah. Bila infeksi bakteri itu sudah mencapai jantung dan sengaja dibiarkan secara terus menerus, maka akan menyebabkan terjadinya gangguan jantung pada Moms yang sedang hamil.

Beresiko untuk Melahirkan Bayi Prematur

Selain resiko di atas, gangguan gigi dan mulut juga beresiko untuk membuat Moms melahirkan bayi prematur. Ibu hamil dengan masalah gigi mulut memiliki resiko 5 kali lebih besar untuk melahirkan bayi prematur dan dengan kondisi berat badan rendah. Oleh karena itu, jagalah kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan.

artikel terkait

komentar