Merries For Moms

Kebiasaan-Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Supaya Bisa Melahirkan Normal

0 14
Kebiasaan-Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil Supaya Bisa Melahirkan Normal

Hai Moms, siapa sih yang tak ingin bisa melahirkan normal? Hal tersebut secara otomatis sudah pasti menjadi keinginan bagi tiap ibu hamil. Banyak kasus mengenai sulitnya para ibu hamil untuk bisa melahirkan secara normal malah semakin membuat Moms malah semakin takut akan persalinan. Memang benar jika melahirkan secara normal jauh lebih baik dibandingkan dengan menjalani operasi caesar.

Apa Manfaat Melahirkan Normal?

Ternyata, ada banyak sekali manfaat jika Moms melahirkan Si Kecil secara normal. Selain itu, banyak ibu hamil yang merasa sudah menjadi wanita yang seutuhnya jika bisa melakukan persalinan dengan normal. Hal ini karena Moms nantinya akan merasakan sakit bercampur nikmat saat menjalani proses kelahiran Si Kecil. Kelahiran normal juga memberikan dampak positif bagi sang ibu sendiri, antara lain kondisi tubuh, rahim, serta mental akan pulih lebih cepat. Kemudian produksi ASI nantinya akan lebih baik dibandingkan jika Moms melakukan persalinan secara caesar.

Bagaimana Agar Dapat Melahirkan Secara Normal?

Ada banyak hal atau kebiasaan mudah yang dapat Moms perhatikan serta praktekkan sendiri agar nantinya bisa melahirkan normal. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan tersebut.

Menjaga Kesehatan

Ini adalah hal utama sekaligus menjadi yang paling pertama harus diperhatikan jika nantinya Moms ingin bisa melakukan persalinan dengan normal. Kondisi kesehatan yang buruk akan mengakibatkan lemahnya kandungan pada ibu hamil. Dengan menjaga pola makan sehat serta melakukan olah raga ringan secara teratur, maka akan membuat kondisi fisik dan mental Moms semakin kuat dan siap untuk persalinan normal.

Kelas Khusus Ibu Hamil

Sebaiknya Moms mulai mengikuti kelas ibu hamil sejak usia kandungan masih terbilang muda karena Moms akan lebih bisa mempersiapkan diri dengan baik. Biasanya kelas khusus ibu hamil memiliki berbagai kegiatan seperti pemberian informasi persalinan, cara bernapas yang benar, pola makan yang sehat, perawatan Si Kecil ketika lahir, dll.

Melakukan Jalan-Jalan

Jangan anggap remeh kebiasaan yang satu ini. Moms tidak perlu harus melakukan jogging atau olah raga berat yang lain. Cukup dengan melakukan jalan-jalan kecil di sekitar rumah merupakan bentuk dari olah raga. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam proses persalinan normal karena otot-otot pada pinggul hingga kaki akan menjadi lemas.

Berpikiran Positif

Moms juga harus memiliki pikiran yang positif jika nantinya bisa melahirkan normal. Mulai sekarang, biasakanlah untuk tetap positive thinking serta berdoa karena kekuatan yang lahir dalam diri sendiri itu lebih kuat.

Latihan Pernafasan

Hal ini juga tak kalah penting dengan yang lainnya karena merupakan bagian penting selama proses melahirkan normal yang dapat menentukan keselamatan Moms dan Si Kecil nantinya. Moms dapat mencari tutorial pernafasan yang benar di YouTube dan dapat latihan sendiri di rumah. Kebiasaan ini akan sangat membantu Moms agar bisa melahirkan normal.

artikel terkait

komentar