Ini Alasan Pentingnya Kehadiran Dads Dampingi Moms Selama Persalinan

December 12, 2016
Ini Alasan Pentingnya Kehadiran Dads Dampingi Moms Selama Persalinan

Masih ada sebagian orang yang mengira kalau masa kehamilan dan persalinan hanya berkaitan dengan wanita. Padahal, Dads sebagai suami Moms dan calon ayah Si Kecil pun memiliki tanggung jawab besar dalam momen-momen paling bersejarah tersebut. Berikut ini ada alasan-alasan kenapa kehadiran Dads sangat dibutuhkan Moms menjelang dan saat proses persalinan sedang berlangsung:

Kehadiran Dads dapat Menenangkan Moms

Ketika Si Kecil akan lahir ke dunia, Moms akan merasakan gejolak emosi yang tidak menentu. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, bukan tidak mungkin proses persalinannya terhambat. Gugup yang Moms rasakan saja dapat membuat hormon adrenalin meningkat dan memicu otot-otot di tubuhnya termasuk yang ada di bagian rahim mengeras. Persiapan terbaik pun kadang tidak bisa mengenyahkan gejolak emosi yang Moms rasakan. Di sinilah peran Dads sebagai pasangannya dapat membantu. Dads dapat mengalihkan perhatian Moms dengan berbagi cerita lucu atau sentuhan fisik seperti elusan lembut di tangan. Pastikan Dads juga tidak ikut panik karena hanya akan memperburuk situasi.

Jadi Penyemangat Moms di Ruang Bersalin

Selain mengurangi gejolak emosi yang Moms rasakan, kehadiran Dads di ruang bersalin pun membuat Moms bersemangat untuk bertaruh nyawa demi membawa Si Kecil ke dunia. Apalagi durasi persalinan tak jarang memakan waktu berjam-jam dan menguras banyak tenaga bagi Moms. Dads dapat memberi dukungan lewat kalimat-kalimat penyemangat. Perhatian dan kasih sayang yang Dads curahkan akan menguatkan Moms untuk menghadapi rasa sakit saat sedang bersalin. Jika ini pengalaman pertama bagi Dads dan masih bingung untuk menghadapinya, maka tak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter supaya di ruang bersalin nanti Dads tidak ikut tegang bersama Moms.

Perantara Komunikasi Antara Moms dengan Dokter

Persalinan menjadi salah satu proses yang menegangkan karena dokter harus senantiasa memantau keadaan Moms sambil berkoordinasi dengan perawat. Dalam hal ini, dokter pun akan sama kelelahan dengan Moms dan tak jarang membuatnya sulit menangkap ucapan Moms saat sedang melahirkan. Di sini, kehadiran Dads sangat dibutuhkan sebagai perantara di antara Moms dengan dokter. Terus siaga di samping Moms dan dengarkan baik-baik setiap kata atau kalimat yang terlontar dari mulutnya. Dads lalu dapat menyampaikannya kepada dokter. Komunikasi yang baik di ruang bersalin tentunya akan membuat proses melahirkan berjalan lancar.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

 

Like Our page