Ingin Bersalin di Rumah? Patuhi Syarat-Syarat Ini ya Moms!

October 11, 2016
Ingin Bersalin di Rumah? Patuhi Syarat-Syarat Ini ya Moms!

Ada kondisi Moms dapat melakukan persalinan secara normal di rumah sakit. Namun, ada kondisi Moms memilih melakukan persalinan di rumah. Bersalin di rumah bukan sesuatu hal medis yang dilarang. Dalam kondisi tertentu, dokter dapat mengijinkan Moms untuk melakukan proses persalinan di rumah. Terutama bagi Moms yang merasa lebih nyaman dan aman melahirkan Si Kecil di rumah. Bagi Moms yang memiliki rencana untuk bersalin di rumah, maka perlu mengetahui syarat-syarat di bawah ini.

Moms Harus Memiliki Riwayat Kesehatan yang Prima

Syarat pertama, Moms harus memiliki riwayat kesehatan yang prima selama hamil. Dokter akan melihat riwayat kesehatan Moms sebelum memutuskan apakah Moms boleh melakukan persalinan di rumah. Jika ternyata Moms memiliki riwayat kesehatan yang prima, maka Moms diperbolehkan untuk melakukan persalinan di rumah.

Moms Sudah Pernah Melakukan Persalinan Sebelumnya

Syarat kedua, Moms minimal sudah pernah melakukan persalinan sebelumnya. Dalam arti, sebelumnya Moms sudah pernah melahirkan Si Kecil. Sebab jika Moms baru pertama kali melakukan proses persalinan, maka lebih disarankan di rumah sakit untuk meminimalisir terjadinya risiko. Berbeda bagi Moms yang sudah pernah melakukan proses persalinan, maka Moms tahu seperti apa proses yang harus lalui ketika melahirkan Si Kecil di rumah.

Moms Perlu didampingi Dokter dan Bidan

Syarat ketiga, Moms sudah pasti harus didampingi dokter dan bidan. Namun, bukan berarti asal dokter dan bidan. Hanya dokter dan bidan yang sudah memperoleh sertifikasi diijinkan untuk mendampingi proses persalinan Moms di rumah. Dokter dan bidan yang telah memperoleh sertifikasi telah terbukti mampu menangani proses persalinan di manapun berada. Dengan kata lain, tidak harus di ruang bersalin rumah sakit.

Moms Perlu Memenuhi Anjuran Rumah Sakit

Syarat keempat, Moms harus memenuhi anjuran yang diberikan rumah sakit. Pihak rumah sakit akan melihat langsung seperti apa ruang yang hendak digunakan untuk proses bersalin di rumah Anda. jika ternyata memadai, maka pihak rumah sakit akan mengijinkan. Selain itu, Moms juga harus menyetujui untuk dibawa ke rumah sakit, jika saat persalinan mengalami kendala di luar rencana. Dan hanya dapat diatasi dengan peralatan medis yang tersedia di rumah sakit.

Itulah keempat syarat yang harus Moms penuhi untuk dapat melakukan proses persalinan di rumah. Pastikan kondisi kesehatan Moms benar-benar prima sehingga impian untuk melahirkan Si Kecil di rumah dapat terwujud. Tentu dengan melahirkan di rumah, Moms dapat lebih menghemat kondisi finansial untuk persalinan.

Leave a Reply

 

Like Our page