Ibu Hamil Wajib Konsumsi Vitamin dan Mineral Ini

December 10, 2014
Ibu Hamil Wajib Konsumsi Vitamin dan Mineral Ini

Moms, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi menu makanan yang mengandung beragam nutrisi termasuk protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan tak lupa lemak. Akan tetapi, banyak Moms yang tidak memperhatikan keseimbangan asupan makanan dan hanya makan dengan porsi lebih banyak dari porsi normal dengan anggapan Moms makan untuk dua orang. Memang benar Moms harus makan untuk tubuh Moms sendiri dan tubuh janin, tetapi Moms wajib memperhatikan kandungan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan Moms. Kecukupan vitamin dan mineral perlu Moms perhatikan. Sebaiknya Moms memperbanyak makanan yang mengandung nutrisi tersebut secara alami agar lebih sehat dan minim risiko.

Vitamin A dan Betakaroten

Moms wajib mengkonsumsi vitamin A dan betakaroten sebanyak 770 mikrogram karena nutrisi ini berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Beberapa bahan makanan mempunyai kandungan vitamin A dan betakaroten tinggi termasuk, wortel, telur, susu, hati, bayam, brokoli, sayuran berwarna hijau dan kuning, labu, kentang, dan buah-buahan berwarna kuning.

Vitamin D

Paling tidak Moms harus mengkonsumsi vitamin D sebanyak 5 mikrogram yang bisa didapat dari sinar matahari, ikan berlemak, dan susu. Vitamin D berguna untuk membantu tubuh menggunakan fosfor dan kalsium demi tulang dan gigi yang kuat.

Vitamin E

Moms juga tidak boleh lupa mengasup vitamin E yang bisa diperoleh dari minyal sayur, kacang-kacangan, dan bayam sebanyak 15 mikrogram untuk membantu tubuh membangun otot serta membentuk dan menggunakan sel darah merah.

Vitamin C

Vitamin C meruapakan antioksidan yang membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan dan membantu penyerapan zat besi untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C sebanyak 80-85 mg bisa Moms dapatkan dengan mengkonsumsi jeruk, paprika, brokoli, stroberi, buncis, pepaya, tomat dan kentang.

Mineral

Beberapa jenis mineral wajib Moms masukkan dalam menu termasuk asam folat yang mendukung perkembangan plasenta dan mencegah beragam masalah yang berkaitan dengan sistem syaraf. Moms juga memerlukan zat besi untuk produksi hemoglobin dan pencegahan bayi dengan berat kurang dan kelahiran prematur. Zat seng juga diperlukan untuk produksi enzim dan insulin.

Leave a Reply

 

Like Our page