Merries For Moms

Hati-Hati Serangan Diare Saat Hamil Ya Moms!

0 3
Hati-Hati Serangan Diare Saat Hamil Ya Moms!

Kehamilan adalah masa tersulit yang dialami oleh Moms. Terlebih lagi bila masa kehamilan belum memasuki trimester ketiga, cobaan akan datang silih berganti mulai dari morning sickness, mual, dan tak doyan makan. Setelah memasuki masa aman atau trimester ketiga, biasanya Moms lebih mudah dalam menerima makanan. Tetapi, tetap saja Moms harus memperhatikan nutrisi, gizi, dan perubahan hormonal yang terjadi karena bisa menimbulkan diare.

Penyebab Diare

Diare bisa terjadi dikarenakan serangan bakteri, virus, keracunan, atau konsumsi obat-obatan selama kehamilan. Sebenarnya ada beberapa penyebab utama terjadinya diare pada saat hamil.

Terjadinya Perubahan Hormonal

Saat masa kehamilan, perubahan hormonal pada tubuh bisa berakibat sistem pencernaan akan bekerja lebih cepat atau justru malah lebih lambat. Bila sistem pencernaan itu bekerja cenderung melambat, maka Moms akan terkena konstipasi atau susah buang air besar. Namun, jika sistem pencernaan bekerja lebih cepat dari normal, maka Moms bisa terkena serangan diare.

Perubahan Pola Makan Saat Hamil

Selain perubahan hormonal, perubahan pola makan saat hamil juga berdampak terjadinya diare. Apa hubungannya? Moms biasanya cenderung memilih milih makanan yang akan dikonsumsi saat hamil. Pemilihan makanan yang lebih sehat terkadang membuat tubuh meresponnya dengan diare yang tiba-tiba. Hal ini dikarenakan tubuh yang biasanya tidak mencerna makanan tertentu harus beradaptasi untuk mengolah makanan tersebut.

Sensitif Terhadap Suatu Makanan dan Makanan

Tak hanya perubahan hormonal dan pola makan, terjadinya diare saat hamil juga bisa dikarenakan Moms sensitif terhadap jenis makanan tertentu yang dikonsumsi. Terkadang Moms juga alergi terhadap makanan itu. Hal ini tentu saja akan menimbulkan diare saat hamil. Obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan diare. Apalagi bila tubuh Moms tak pernah mengkonsumsi suatu obat atau vitamin tertentu. Tubuh harus beradaptasi untuk mencerna dan memproses obat-obatan tersebut.

Cara Mengatasi Diare Saat Hamil

Bila terpaksanya Moms sudah mengalami diare saat hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Memperbanyak minum air putih berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan mengganti kebutuhan cairan dan elektrolit yang hilang. Ada baiknya Moms juga  menghindari beberapa penyebab terjadinya diare di atas. Moms juga harus memperhatikan kebersihan pada peralatan makan dan makanan yang akan dikonsumsi agar terhindar resiko terjadinya diare. Mudah bukan mengatasi diare saat hamil? Yang penting lakukanlah beberapa langkah di atas dan berkonsultasi pada dokter.

artikel terkait

komentar