Merries For Moms

Bisakah Terkena Stroke Saat Hamil?

0 1
Bisakah Terkena Stroke Saat Hamil?

Jawabannya ternyata bisa Moms! Jadi, Moms harus hati-hati. Memang, stroke biasanya menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Tetapi, bila Moms memiliki gaya hidup yang tidak sehat sebelum hamil, maka ada peluang bila Moms juga akan terkena stroke saat hamil.

Menurut penelitian terbaru, di Amerika Serikat jumlah Moms yang hamil dan terkena stroke ternyata meningkat. Padahal, sebelumnya kejadian stroke saat hamil ini termasuk salah satu kejadian yang jarang terjadi. Lalu apa penyebabnya? Jawabannya ternyata cukup mudah. Sebelum hamil, para Moms tersebut sudah memiliki kondisi yang meningkatkan resiko terjadinya stroke. Banyak Moms yang mempunyai masalah obesitas dan tekanan darah tinggi. Dan, saat hamil, maka tekanan darah bisa bertambah tinggi karena ada tekanan lebih dari Si Kecil yang terus berkembang dalam kandungan. Hasil dari penelitian ini juga diterbitkan pada Journal of the American Heart Association.

Pada dasarnya, ada 3 tanda yang perlu Moms perhatikan, adanya resiko cukup tinggi terkena stroke saat hamil. 3 hal tersebut adalah:

  • Tekanan darah yang meningkat setelah pre-eklampsia dan eklampsia
  • Meningkatnya resiko pembekuan darah
  • Meningkatnya frekuensi sakit kepala dan migrain

Meskipun demikian, Dr. Elena Kuklina dari Centers for Diseases Control and Prevention, resiko stroke saat hamil masih saja ada pada Moms yang memiliki gaya hidup sehat sebelum hamil. Namun, bila dibandingkan dengan mereka yang gaya hidupnya tidak sehat, maka resiko stroke pada Moms dengan gaya hidup sehat jauh lebih rendah. Apalagi, bila Moms juga menggunakan gaya hidup sehat selama kehamilan. Tidak hanya baik untuk Moms, tetapi juga untuk Si Kecil yang ada dalam kandungan.

Karena begitu berbahayanya stroke saat hamil, maka Moms harus benar-benar mencegahnya mulai dari sekarang sebelum hamil. Gaya hidup sehat adalah jalan satu-satunya. Alasannya cukup sederhana loh Moms. Memang, stroke bisa diobati dan dikurangi gejalanya dengan obat-obatan. Namun, bila stroke terjadi saat Moms hamil, maka penggunaan obat bisa menjadi bumerang buat Moms dan Si Kecil. Ada peluang bila obat yang digunakan bisa mempengaruhi perkembangan tubuh dan otak Si Kecil, bahkan membuatnya cacat.

Selain harus hidup sehat, Moms juga harus sering berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter selama kehamilan. Jadi bila terjadi masalah, Moms dapat segera mengetahuinya dan memecahkannya. Satu lagi yang penting nih, Moms. Hindari stress, karena ini juga bisa meningkatkan tekanan darah dan memperbesar resiko terjadinya stroke.

artikel terkait

komentar