Berbahayakah Garis Hitam di Perut Ibu Hamil?

January 8, 2017
Berbahayakah Garis Hitam di Perut Ibu Hamil?

Masa kehamilan memang masa yang menyenangkan ya, Moms. Ada makhluk yang tumbuh dalam perut yang setelah 9 bulan menjadi Si Kecil yang diharapkan selama ini. Tapi, kesenangan itu bisa terganggu karena beberapa masalah. Misalnya, tiba-tiba muncul garis hitam di sekitar perut. Lalu, berbahayakah jika garis hitam itu muncul saat masa kehamilan? Ini dia jawabannya.

Menurut salah seorang pakar spesialis obstetri dan ginekologi dari Metropolitan State College of Denver, Michelle Tollefson, MD garis hitam yang tiba-tiba muncul tersebut adalah pengaruh hormone saat kehamilan. Lanjutnya, garis hitam itu sering muncul pada trimester ke 2. Kabar baiknya, garis hitam yang muncul saat kehamilan itu tidak berbahaya. Garis tersebut akan hilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah melahirkan.

Garis tersebut sebenarnya tidak mengganggu, jadi tidak perlu dipaksa dihilangkan dengan mengoleskan krim atau obat lainnya yang justru membahayakan. Terlebih jika krim yang dioleskan tersebut mengandung hydroquinone. Bahan ini masih belum jelas tingkat keamanannya saat masa kehamilan dan menyusui. Jika dilihat dari tampilannya, garis ini muncul secara tiba-tiba disekitar perut saat hamil. Garis itu berwarna gelap.

Biasanya lokasi kemunculannya di sekitar pusar hingga tulang pubis. Memang, garis hitam yang tampak di perut ini membuat tidak nyaman bahkan ada garis yang menyebabkan gatal. Kalaupun ingin segera dihilangkan, oleskan krim atau lotion disekitar tempat munculnya garis hitam. Namun, pastikan lotion atau krim tersebut aman. Konsultasikan terlebih dahulu krim tersebut kepada dokter untuk mengetahui aman tidaknya.

Jangan sampai krim tersebut mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan. Ada baiknya memilih krim yang mengandung kolagen. Selain menggunakan krim, cobalah berolahraga ringan agar lemak yang tertimbun saat hamil bisa dikurangi. Lemak tersebut bisa memicu munculnya garis hitam.

Intinya, terapkan pola hidup sehat selama hamil termasuk pola makan sehat. Pilih dan pilah makanan yang sehat dan baik sehingga tidak memicu perubahan hormon secara tiba-tiba. Hindari makanan yang berlemak tinggi dan imbangi dengan meminum air putih. Akan lebih baik lagi jika berkonsultasi dengan dokter mengenai garis hitam yang muncul tersebut agar mendapatkan solusi yang tepat dan aman. Yang paling penting, Moms tahu bahwa garis hitam tersebut tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Semoga saja garis hitam tersebut tidak mempengaruhi kehamilan dan kondisi kulit akan kembali seperti sedia kala sebelum masa hamil.

Leave a Reply

 

Like Our page