Merries For Moms

Beberapa Keluhan Moms Pasca Persalinan

0 1
Beberapa Keluhan Moms Pasca Persalinan

Saat mengetahui kalau Moms hamil untuk pertama kalinya, bagaimana rasanya? Bahagia bukan. Lalu, saat menjalani masa kehamilan, mungkin Moms akan menghadapi berbagai masalah dan kesulitan. Tapi, hal tersebut tidak akan terasa, karena Moms mengandung Si Kecil yang sangat Moms sayangi. Ditambah lagi, ada dukungan dari Dads dan orang terdekat, yang membuat Moms mampu melalui masa-masa indah tersebut. Dan, saat melahirkan atau persalinan datang. Sakitnya mungkin hanya Moms saja yang tahu. Tapi, itu juga semua demi Si Kecil. Setelah masa persalinan, maka masalah tidak akan ada lagi. Mungkin itu yang Moms pikir. Tapi, ada banyak kasus dimana Moms akan mengalami beberapa masalah pasca persalinan. Dan ini beberapa keluhan yang biasanya muncul pada saat ini.

Konstipasi

Hal ini sangat wajar, karena sistem pembuangan atau usus besar Moms masih menyesuaikan dengan kondisi yang baru, setelah sebelumnya tertekan oleh Si Kecil dalam kandungan. Saat kondisi ini terjadi, Moms akan sulit dan jarang buang air besar. Lalu apa yang harus dilakukan?

Mudah. Moms hanya perlu memperbaiki pola makan Moms. Ganti dengan pola makan yang lebih sehat. Artinya, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Bisa dikatakan, makan berserat tinggi sangat penting dan mendukung untuk mengatasi konstipasi ini.

Kaki Kram

Biasanya, kram akan terasa saat masa-masa akhir kehamilan. Dan, setelah persalinan sekali pun, masalah kaki kram ini akan tetap terasa. Ini tentunya tidak nyaman dan membuat Moms terganggu kegiatannya.

Untuk mengatasinya, Moms dapat mencoba untuk melemaskan otot-otot kaki Moms. Cara mudahnya adalah dengan peregangan kaki. Misalnya, setelah bangun tidur, Moms bisa meluruskan kaki lalu berjalan-jalan sebentar agar peredaran darah menjadi lebih lancar.

Rasa Mulas

Biasanya rasa mulas muncul saat Moms menyusui Si Kecil. Hal ini disebabkan adanya hormon oksitosin yang diproduksi oleh tubuh Moms saat mengeluarkan ASI. Hormon ini berfungsi untuk memperlancar aliran ASI agar mudah diminum Si Kecil. Rasa mulas ini muncul karena hormon ini akan menimbulkan kontraksi yang akan mengembalikan rahim ke ukuran normal.

Solusinya cukup mudah. Moms sering-sering menyusui Si Kecil. Dengan semakin banyaknya oksitosis yang diproduksi, proses pengembalian ukuran rahim akan lebih cepat. Alhasil, kontraksi akan dapat reda dan hal ini akan mengurangi rasa mulas yang terjadi. Atau, Moms juga dapat berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan solusi atau obat yang bisa membantu.

artikel terkait

komentar