Merries For Moms

Beberapa Hal Penting yang Wajib Dilakukan Setelah Melahirkan

0 4
Beberapa Hal Penting yang Wajib Dilakukan Setelah Melahirkan

Melahirkan memang menjadi momen spesial ya, Moms. Perjuangan selama 9 bulan akhirnya terbayarkan saat Si Kecil hadir dipelukan. Walaupun Si Kecil sudah hadir, tapi jangan sampai melupakan penampilan apalagi setelah menunggu luka jahitan mengering. Berikut ini beberapa hal penting yang harus dilakukan setelah melahirkan.

Olahraga Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, Moms tetap harus berolahraga. Pilihlah olahraga yang berhubungan dengan menguatkan bagian panggul dan vagina. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan setelah melahirkan adalah senam kegel. Lakukan senam ini setidaknya 10 kali dan harus rutin dilakukan setelah melahirkan. Gerakan senam kegel sangat efektif untuk menguatkan kembali panggul dan vagina. Jika tidak melakukan olahraga ditakutkan terjadi risiko kerusakan jaringan dasar panggul.

Mengkonsumsi Susu atau Suplemen Kalsium

Jangan lupa minum susu setelah melahirkan, Moms. Pasalnya, setelah melahirkan Si Kecil risiko kekurangan kalsium sangat besar. Ini karena Moms harus menyusui Si Kecil secara intens. Proses menyusui tersebut yang akhirnya mengurangi kadar kalsium dalam tubuh. Masalah tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi susu yang kaya akan kalsium ataupun suplemen kalsium lainnya. Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter saat akan mengkonsumsi susu atau suplemen kalsium. Saat menyusui, setidaknya tubuh membutuhkan asupan tambahan kalsium hingga 1000 mg kalsium setiap hari.

Minum Air Putih

Selain mengkonsumsi susu, minum air putih pun juga menjadi hal penting yang harus dilakukan setelah melahirkan. Faktanya, minum air putih tidak hanya baik saat setelah melahirkan saja tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, setelah melahirkan kulit menjadi lebih sensitif. Tidak heran jika terjadi masalah kulit seperti jerawat, stretchmarks, bercak-bercak hitam dan lain sebagainya. Jika masalah tersebut sampai terjadi itu tandanya kulit kekurangan air atau dehidrasi. Karena itu, kulit harus dijaga agar tetap lembab. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari.

Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Baik saat hamil ataupun setelah melahirkan, buah dan sayur adalah makanan wajib, Moms! Buah dan sayur dapat membantu mengatasi masalah kulit yang terjadi setelah melahirkan Selain itu, vitamin dan mineral dalam buah dan sayur akan membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Nah, ternyata sangat mudah kan, Moms menjaga stamina dan penampilan setelah melahirkan Si Kecil? Jika tubuh sehat, menjaga dan membesarkan Si Kecil menjadi lebih maksimal dan menyenangkan. Selamat mencoba dan merasakan hasilnya.

artikel terkait

komentar