Bebas Sembelit Selama Kehamilan? Ini Tipsnya

January 2, 2017
Bebas Sembelit Selama Kehamilan? Ini Tipsnya

Sembelit saat kehamilan memang menjadi permasalahan pada sistem pencernaan yang sering dialami bagi sebagian besar ibu hamil. Apakah Moms pernah atau bahkan kini sedang mengalaminya? Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan janin, namun hal ini tentunya sangat mengganggu sekali dan akan berakibat buruk terhadap kesehatan Moms sendiri.

Penyebab Sembelit

Alasan utama mengapa Moms menderita susah buang air besar atau sembelit adalah jarang mengkonsumsi serat yang cukup seperti sayur dan buah. Akan tetapi, ternyata ada faktor penyebab lain yaitu perasaan cemas dan pikiran yang sedang stress. Kemudian kelebihan hormon progesterone juga dapat menyebabkan sembelit karena hormon ini dapat mengendurkan otot-otot dinding usus besar. Nah, itulah yang menyebabkan mengapa feses menjadi keras dan kemudian terjadilah sembelit.

Tips Untuk Mengatasinya

  1. Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat dan memperbanyak minum air putih adalah kunci utama untuk terbebas dari sembelit. Mulai sekarang, Moms harus lebih memperhatikan pola makan karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kandungan.
  2. Melakukan olah raga khusus ibu hamil secara teratur juga dapat mencegah penyakit sembelit. Moms jangan pernah berfikir kalau berolahraga dapat berpengaruh buruk pada janin karena dapat menyebabkan goncangan pada perut. Sekarang ini sudah banyak sekali senam khusus ibu-ibu hamil yang pastinya bisa Moms ikuti.
  3. Apabila Moms juga mengkonsumsi susu untuk ibu hamil, lebih baik perhatikan dahulu kandungan yang ada di dalamnya. Jika mengandung zat besi maka sebaiknya hentikan untuk meminumnya karena kelebihan zat besi dapat menyebabkan sembelit. Moms dapat mengganti susu hamil tersebut dengan yang lain atau memperbanyak mengkonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin C.
  4. Hal berikutnya yang patut Moms perhatikan yaitu jangan pernah menahan untuk BAB karena dapat memicu terjadinya sembelit. Ketika sering menahan atau menunda BAB maka otot-otot pada dinding usus besar akan melemah sehingga proses mencernapun akan terganggu.
  5. Jangan makan terlalu kenyang karena sistem pencernaan di dalam tubuh akan lebih sulit untuk memproses dan mencerna makanan.
  6. Jika sudah terjadi sembelit maka sebaiknya Moms tidak mengkonsumsi obat pencahar. Makanlah buah-buahan yang dapat melancarkan proses BAB seperti papaya, wortel, pisang, strawberry, dll. Moms juga dapat mengkonsumsi aneka agar-agar ataupun pudding yang memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna.

Apabila Sembelit saat kehamilan tidak dapat diatasi, maka sebaiknya Moms berkonsultasi langsung dengan dokter karena dikhawatirkan akan mengganggu janin yang ada di dalam kandungan.

Leave a Reply

 

Like Our page