7 Penyebab Persalinan Dini Ini Wajib Ibu Waspadai

February 10, 2017
7 Penyebab Persalinan Dini Ini Wajib Ibu Waspadai

Persalinan premature atau dini adalah hal yang harus dihindari saat hamil. Proses persalinan dini terjadi sebelum usia kehamilan mencapai minggu ke 37 atau 38. Kelahiran dini biasanya berakibat kurang baik bagi kesehatan si bayi kedepannya. Ada resiko medis dan penyakit yang harus dihadapi. Sebaiknya kenalilah penyebab terjadinya persalinan dini agar Moms lebih waspada.

Merokok dan Minum Alkohol

Merokok ataupun mengkonsumsi alkohol adalah menjadi penyebab utama yang menyebabkan persalinan dini atau premature. Sebaiknya Moms mengurangi intensitas merokok dan minum alkohol selama kehamilan. Kandungan racun dan zat – zat berbahaya di dalam alkohol dan rokok membahayakan kehidupan si janin di dalam rahim sehingga membuatnya tak stabil. Kondisi ini akan membuat Moms kekurangan nutrisi sehingga si janin tidak dalam kondisi sehat. Selain itu, kecanduan obat – obatan terlarang juga beresiko tinggi terjadinya persalinan dini.

Jarak Kehamilan yang Terlalu Dekat
Moms yang mengalami proses kehamilan yang terlalu dekat atau kurang dari 1.5 tahun maka akan beresiko terjadinya persalinan dini. Jarak kehamilan yang terlalu dekat berbahaya pada kehidupan si janin dan Moms sendiri. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilaksanakan untuk mengetahui hubungan jarak kelahiran dan persalinan dini. Masa kehamilan yang singkat dan dekat memicu proses persalinan selanjutnya tak bisa mencapai minggu ke 37.

Masalah Pada Leher Rahim atau Rahim

Penyebab lainnya adalah masalah pada leher rahim ataupun rahim. Bila keduanya mengalami masalah misalnya terlalu besar atau strukturnya tak normal, berhati – hatilah karena resiko terjadinya persalinan dini lebih besar terjadi. Sebaiknya cek kondisi rahim secara berkala.

Terjadinya Infeksi Gusi

Masalah atau infeksi gusi adalah penyebab terjadinya persalinan dini. Gusi yang terinfeksi dapat mempengaruhi produksi hormon yang membuat bakteri akan mudah masuk ke dalam aliran darah. Pastinya ini mempengaruhi terjadinya persalinan dini dan sistem kekebalan tubuh Moms.

Stress

Stress adalah kondisi yang wajar selama masa kehamilan. Stress bisa dikarenakan perubahan hormon yang mampu mengubah mood dan suasana hati dengan cepat. Tetapi kondisi ini akan berbahaya bila dirasakan terus menerus sehingga Moms menjadi tertekan secara berlebihan. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya kontraksi dini dan memicu proses persalinan dini.

Hamil di Usia Belia

Kelahiran dini bisa terjadi pada Moms yang berusia sangat belia atau muda. Umur sangat muda beresiko terjadinya persalinan premature. Usia tersebut berada dibawah 17 tahun. Karena masih sangat muda, Moms harus mendapatkan perawatan dan perlakuan berbeda saat hamil.

Komplikasi Kehamilan

Penyebab terakhir terjadinya persalinan dini adalah komplikasi kehamilan. Berbagai penyakit bisa timbul saat hamil seperti gestational diabetes, ketuban pecah, dan preeclampsia. Jadi, Moms harus berhati – hati dan mengecek kondisi kesehatan saat kehamilan.

Leave a Reply

 

Like Our page