Merries For Moms

6 Manfaat Prenatal Yoga untuk Moms yang Sedang Hamil

0 3
6 Manfaat Prenatal Yoga untuk Moms yang Sedang Hamil

Yoga khusus ibu hamil atau prenatal yoga merupakan salah satu kegiatan yang dapat Moms lakukan saat sedang mengandung. Berbeda dari yoga biasa, gerakan-gerakan pada yoga prenatal dikhususkan untuk membantu Moms saat bersalin nanti. Moms juga tidak perlu menuntut diri sendiri dalam melakukan prenatal yoga, karena yang terpenting Moms bisa relaks dan nyaman kala mempraktikan gerakan dalam yoga tersebut. Jika dilakukan dengan benar, Moms akan mendapatkan manfaat-manfaat di bawah ini.

Menyehatkan dan Menguatkan Tubuh

Kehamilan seharusnya tidak membatasi Moms untuk berolahraga, tetapi tentunya Moms harus cermat memilih olahraga yang sesuai. Prenatal yoga adalah salah satu aktivitas yang cocok untuk Moms karena dapat membantu Moms untuk beradaptasi dengan masa kehamilan hingga menjaga kesehatan tubuh.

Mempelajari Teknik Pernapasan yang Benar

Mempelajari teknik pernapasan saat sedang mengandung sangatlah penting, karena akan membantu Moms saat melahirkan nanti. Beberapa gerakan dalam prenatal yoga ternyata sanggup meningkatkan kemampuan Moms dalam mengolah teknik pernapasan menjadi lebih baik.

Mengurangi Gangguan Sakit Pinggang

Keluhan lain yang kerap dialami ibu hamil adalah sakit pinggang. Untuk mengurangi gangguan, Moms dapat melakukan prenatal yoga. Sebab, beberapa gerakan pada jenis yoga ini membantu Moms untuk melancarkan sirkulasi darah, menyeimbangkan tubuh, hingga merenggangkan otot tubuh.

Mempersiapkan Pinggul untuk Proses Bersalin

Postur tubuh yang terdapat dalam sebagian gerakan prenatal yoga bertujuan untuk mempersiapkan bagian pinggul saat nanti berhadapan dengan proses bersalin. Jongkok atau squat akan sering diulang dalam prenatal yoga untuk membantu bagian pinggul serta pelvis terbuka.

Membuat Tubuh Mudah untuk Beristirahat

Seperti jenis yoga lainnya, gerakan dalam prenatal yoga pun perlahan-lahan dapat membiasakan Moms untuk beristirahat lebih mudah. Selain itu, prenatal yoga akan membantu Moms untuk lebih relaks, jadi Moms juga tidak akan cepat panik saat menghadapi proses persalinan kelak.

Menjalin Hubungan Lebih Kuat dengan si Kecil

Bukan hanya Moms, gerakan-gerakan prenatal yoga secara tidak langsung akan membuat si Kecil di dalam kandungan merasa nyaman. Jika Moms melakukan yoga ini di kelas khusus, Moms juga akan diajarkan cara untuk berkomunikasi dengan si Kecil untuk menguatkan ikatan ibu-anak.

Untuk mengoptimalkan kesehatan selama masa kehamilan, Moms juga harus membarenginya dengan asupan makan yang seimbang dan kontrol secara teratur bersama dokter tepercaya.

artikel terkait

komentar