5 Fakta Penting yang Harus Diketahui oleh Moms yang Sedang Hamil & Menyusui

November 11, 2016
5 Fakta Penting yang Harus Diketahui oleh Moms yang Sedang Hamil & Menyusui

Masa kehamilan dan menyusui merupakan masa yang sangat penting untuk Moms dan Si Kecil. Mengetahui beberapa hal penting yang berpengaruh pada masa ini adalah hal wajib untuk Moms. Salah satu hal penting yang harus Moms pahami adalah mengenai nutrisi. Berikut 5 fakta penting mengenai nutrisi, yang sangat berguna untuk masa kehamilan dan menyusui.

Protein

Protein bisa dikatakan sebagai salah satu nutrisi yang berperan besar pada masa kehamilan dan menyusui. Ini dikarenakan protein berfungsi untuk mempertahankan daya tahan tubuh Moms dan Si Kecil. Bila Moms kekurangan protein, maka badan akan lemas dan tidak bertenaga. Bagi Si Kecil efeknya lebih parah lagi, Si Kecil dapat lahir dalam kondisi cacat atau mengalami kekurangan nutrisi. Jadi, sebaiknya Moms penuhi asupan protein secara cukup dengan mengkonsumsi sumber protein seperti daging ayam, sapi, ikan atau kacang-kacangan.

Serat Pangan

Serat yang banyak ditemukan dalam buah, sayur dan sejenisnya, mempengaruhi kenyamanan Moms dan kesehatan Si Kecil. Bila asupan serat terpenuhi, yaitu 28 gram per hari saat hamil dan 29 gram per hari saat menyusui, maka Moms dapat menjaga level kolesterol, gula darah dan mencegah kenaikan berat badan berlebihan, dan bagi Si Kecil, imunitas tubuhnya akan terjaga.

Asam Folat

Moms harus mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini, seperti sereal, roti, pasta atau nasi yang berasal dari biji-bijian sebanyak 400 hingga 600 mikrogram per hari. Fakta yang mengejutkan, asam folat sangat berpengaruh pada perkembangan otak Si Kecil. Kalau Moms tidak mencukupi asupan asam folat, ada kemungkinan terjadi kecacatan otak pada Si Kecil.

Zat Besi

Ini juga fakta yang jarang diketahui. Zat besi ternyata sangat berguna untuk Moms dan Si Kecil, pada masa menyusui dan hamil. Saat hamil, Moms membutuhkan sekitar 27 miligram setiap harinya. Asupan sebanyak ini akan membuat daya tahan tubuh Moms lebih baik. Zat besi juga penting untuk pengangkutan oksigen dalam darah, baik untuk Si Kecil maupun Moms. Saat peredaran oksigen ini lancar ke seluruh bagian tubuh, maka Si Kecil akan bebas dari beberapa masalah, mulai dari cacat hingga lemah jantung. Moms bisa mendapatkan zat besi yang dibutuhkan dari makanan seperti bayam dan daging merah.

Kalsium

Seperti sudah Moms ketahui, kalsium penting untuk tulang Si Kecil dan juga menurunkan peluang terjadinya tekanan darah tinggi pada Moms. Moms dapat mengkonsumsi bayam, ikan sarden dan kacang almond untuk mendapatkannya.

Leave a Reply

 

Like Our page