Tips Tidak Stres Supaya Produksi ASI Lancar

December 3, 2016
Tips Tidak Stres Supaya Produksi ASI Lancar

Masa menyusui sama krusialnya dengan kehamilan, Moms. Maka setelah melewati persalinan, Moms juga dianjurkan untuk memperhatikan asupan nutrisi dan gizi bagi Si Kecil. ASI adalah satu-satunya sumber utama makanan Si Kecil sampai dia sanggup mengonsumsi hidangan pendamping. Sayangnya, perubahan hormon yang terjadi pada Moms seusai melahirkan tak jarang membuat ASI sulit keluar dan membuat Moms stres karena tidak bisa menyusui Si Kecil.

Penting bagi Moms untuk menghindari stres selama masa menyusui. Supaya lancar, ada lima tip yang bisa Moms ikuti di bawah ini.

Membuat Tubuh Menjadi Rileks

Kurang tidur menjadi masalah umum bagi ibu-ibu yang baru melahirkan. Hal tersebut juga bisa membuat Moms stres dan membuat ASI sulit mengalir. Untuk mengatasinya, Moms dapat mengambil jeda sejenak, lalu atur napas agar pikiran jernih dan tubuh terasa rileks karena pasokan oksigen yang banyak. Latihan pernapasan akan sangat membantu, lho.

Luangkan Waktu untuk Tidur Siang

Walau pekerjaan rumah menumpuk, bukan berarti Moms tidak berhak menerima waktu untuk istirahat, misalnya dengan tidur siang selama beberapa menit. Meski sebentar, tidur siang bisa mengembalikan kebugaran tubuh dan energi, sehingga Moms bisa kembali beraktivitas. Asal jangan terlalu lama sampai lupa menyusui Si Kecil.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Jangan menghentikan kebiasaan makan sehat yang Moms jalani saat hamil. Bagaimanapun, kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam ASI sangat tergantung pada makanan yang Moms konsumsi. Selain itu, makanan sehat juga mampu membuat suasana hati Moms membaik dan jauh dari stres. Pastikan pula takarannya sesuai untuk Moms dan Si Kecil.

Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Menggendong Si Kecil dalam waktu lama akan membuat otot-otot menegang dan kaku. Hal tersebut yang kemudian membuat tubuh Moms kurang nyaman dan mengundang stres. Untuk mengatasinya, Moms perlu melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Tidak perlu lama dan berat, jalan-jalan atau jogging selama 30 menit saja sudah sanggup mengusir stres.

Konsultasi Kepada Orang Terdekat

Jangan sungkan bercerita kepada orang terdekat, misalnya dengan Dads atau orangtua Moms. Mereka pasti akan memberi dukungan dan bantuan apa pun supaya Moms tidak stres lagi saat menyusui Si Kecil. Kemudian, Moms juga perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan saran dari segi medis agar proses menyusui kembali lancar.

Leave a Reply

 

Like Our page