Pregnancy
7-penyebab-persalinan-dini-ini-wajib-ibu-waspadai
7 Penyebab Persalinan Dini Ini Wajib Ibu Waspadai
0
0

Persalinan premature atau dini adalah hal yang harus dihindari saat hamil. Proses persalinan dini terjadi sebelum usia kehamilan mencapai minggu ke 37 atau 38. Kelahiran dini biasanya berakibat kurang baik bagi kesehatan si bayi kedepannya. Ada resiko medis dan penyakit yang harus dihadapi. Sebaiknya kenalilah penyebab terjadinya persalinan dini agar Moms lebih waspada.

Merokok dan Minum Alkohol

Merokok ataupun mengkonsumsi alkohol adalah menjadi penyebab utama yang menyebabkan persalinan dini atau premature. Sebaiknya Moms mengurangi intensitas merokok dan minum alkohol selama kehamilan. Kandungan racun dan zat – zat berbahaya di dalam alkohol dan rokok membahayakan kehidupan si janin di dalam rahim sehingga membuatnya tak stabil. Kondisi ini akan membuat Moms kekurangan nutrisi sehingga si janin tidak dalam kondisi sehat. Selain itu, kecanduan obat – obatan terlarang juga beresiko tinggi terjadinya persalinan dini.

Jarak Kehamilan yang Terlalu Dekat
Moms yang mengalami proses kehamilan yang terlalu dekat atau kurang dari 1.5 tahun maka akan beresiko terjadinya persalinan dini. Jarak kehamilan yang terlalu dekat berbahaya pada kehidupan si janin dan Moms sendiri. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilaksanakan untuk mengetahui hubungan jarak kelahiran dan persalinan dini. Masa kehamilan yang singkat dan dekat memicu proses persalinan selanjutnya tak bisa mencapai minggu ke 37.

Masalah Pada Leher Rahim atau Rahim

Penyebab lainnya adalah masalah pada leher rahim ataupun rahim. Bila keduanya mengalami masalah misalnya terlalu besar atau strukturnya tak normal, berhati – hatilah karena resiko terjadinya persalinan dini lebih besar terjadi. Sebaiknya cek kondisi rahim secara berkala.

Terjadinya Infeksi Gusi

Masalah atau infeksi gusi adalah penyebab terjadinya persalinan dini. Gusi yang terinfeksi dapat mempengaruhi produksi hormon yang membuat bakteri akan mudah masuk ke dalam aliran darah. Pastinya ini mempengaruhi terjadinya persalinan dini dan sistem kekebalan tubuh Moms.

Stress

Stress adalah kondisi yang wajar selama masa kehamilan. Stress bisa dikarenakan perubahan hormon yang mampu mengubah mood dan suasana hati dengan cepat. Tetapi kondisi ini akan berbahaya bila dirasakan terus menerus sehingga Moms menjadi tertekan secara berlebihan. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya kontraksi dini dan memicu proses persalinan dini.

Hamil di Usia Belia

Kelahiran dini bisa terjadi pada Moms yang berusia sangat belia atau muda. Umur sangat muda beresiko terjadinya persalinan premature. Usia tersebut berada dibawah 17 tahun. Karena masih sangat muda, Moms harus mendapatkan perawatan dan perlakuan berbeda saat hamil.

Komplikasi Kehamilan

Penyebab terakhir terjadinya persalinan dini adalah komplikasi kehamilan. Berbagai penyakit bisa timbul saat hamil seperti gestational diabetes, ketuban pecah, dan preeclampsia. Jadi, Moms harus berhati – hati dan mengecek kondisi kesehatan saat kehamilan.

Read more
konsumsi-makanan-ini-agar-anak-lahir-dengan-kulit-yang-putih-dan-bersih
Konsumsi Makanan Ini Agar Anak Lahir dengan Kulit yang Putih dan Bersih
0
0

Siapapun ibunya pasti akan merasa senang dan bahagia bila si bayi yang dilahirkan sehat, normal, dan gemuk. Akan lebih bahagia bila si kecil terlihat lebih cerah, bersih, dan putih. Warna kulit bayi yang putih biasanya dipengaruhi faktor genetik Moms dan Dads. Tetapi, sebenarnya Moms yang tak memiliki kulit putih pun punya kemungkinan melahirkan bayi berkulit putih dengan mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

Minum Air Putih

Air putih ternyata tak hanya berkhasiat bagi kesehatan Moms saja. Air putih juga berguna untuk membuat air ketuban lebih jernih dan bersih. Bila air ketuban bersih dan jernih, pastinya kesehatan kulit si jabang bayi akan terjaga sehingga akan terlahir ke dunia dengan kulit cerah dan bersih. Jadi, tak ada salahnya memenuhi kebutuhan dan konsumsi air putih setiap hari.

Air Kelapa

Air kelapa juga bisa digunakan sebagai makanan pembuat kulit si kecil lebih bersih dan putih. Air kelapa mengandung kandungan elektrolit yang tinggi yang berguna sebagai antioksidan alami untuk tubuh. Mengkonsumsi air kelapa selama kehamilan diperbolehkan. Selain mampu mencegah dehidrasi, air kelapa juga mampu menjernihkan air ketuban di rahim Moms sehingga si kecil yang akan dilahirkan ke dunia memiliki kulit lebih cerah dan bersih.

Kacang Hijau

Kacang hijau juga berkhasiat sebagai makanan yang membuat kulit si kecil lebih bersih. Kacang hijau dan air rebusannya sangat berguna untuk tubuh karena terdapat kandungan nutrisi bagus yang mampu menjaga pertumbuhan si janin di dalam rahim. Adanya kandungan asam folat dan protein yang tinggi di dalam kacang hijau berguna untuk menjernihkan air ketuban sehingga si kecil memiliki kulit yang bersih dan putih.

Susu Kedelai

Salah satu bahan makanan untuk membuat kulit si kecil lebih bersih adalah susu kedelai. Di dalam susu kedelai mengandung protein dan vitamin E yang tinggi. Kandungan nutrisi ini tak hanya berkhasiat untuk meningkatkan kepadatan dan pertumbuhan tulang saja tetapi juga berdampak pada kulit si kecil yang lahir. Kulit si bayi akan lebih cerah dan bersih dengan mengkonsumsi susu kedelai saat Moms hamil. Pori – pori kulit si kecil akan lebih kecil sehingga terlihat bersih, mulus, dan halus.

Sayuran Hijau

Makanan untuk membuat si bayi lebih putih adalah sayuran hijau. Di dalam sayuran hijau terdapat kandungan antioksidan dan vitamin yang sangat bagus untuk melancarkan detoksifikasi dan pencernaan sehingga tubuh terhindar dari lemak dan racun – racun. Kandungan nutrisi di dalam sayuran hijau juga berkhasiat untuk membuat kulit si kecil lebih halus dan putih.

Bagaimana Moms, tidak sulit kan menemukan bahan makanan di atas? Satu hal yang harus Moms ingat, walaupun mengkonsumsi makanan di atas bisa membuat kemungkinan si kecil yang lahir nanti memiliki kulit yang kulit bersih menjadi lebih besar, faktor genetiklah yang paling menentukan kulit si kecil nantinya.

Read more
tips-bersalin-lancar-dan-cepat
Tips Bersalin Lancar dan Cepat
0
0

Sebagai ibu hamil, pastinya Moms memiliki aktivitas fisik yang kurang dan tak sepadat biasanya. Moms sudah jarang jalan – jalan keluar rumah karena biasanya hanya berkutat di dalam rumah saja. Padahal melakukan aktivitas di luar rumah lebih aktif akan mempermudah persalinan lebih lancar dan cepat. Tak ada salahnya Moms melakukan beberapa tips dibawah ini.

Berjongkok

Posisi jongkok ternyata dipercaya menjadi posisi alami untuk membantu proses persalinan. Tak ada salahnya Moms berjongkok atau melakukan gerakan jongkok. Sedikit sulit tetapi akan sangat berguna untuk proses persalinan. Dengan berjongkok, maka otot perut dan paha akan lebih kuat. Otot paha dan perut yang jauh lebih kuat pastinya akan membuat persalinan lebih lancar dan cepat karena mampu mendorong bayi dari dalam rahim untuk keluar. Latihan berjongkok selama kehamilan akan membuat elastisitas jalur bersalin dan membuatnya terbuka lebih lebar.

Menguasai Teknik Pernapasan yang Tepat

Agar Moms bersalin lebih lancar dan cepat, ingat dan kuasailah teknik pernapasan yang tepat. Moms harus mengatur napas dan cara bernapas saat menjalani proses persalinan agar pikiran lebih tenang. Bernapas dengan baik akan mengikat banyak oksigen yang terhirup dan dialirkan pada seluruh sel – sel tubuh, dan otot rahim agar bisa berkontraksi dan mengeluarkan janin lebih kuat. Dengan proses pernapasan yang baik akan membuat pikiran rileks dan membuat otot – otot tubuh mengendur.

Sering Berjalan

Walaupun aktivitas Moms terbatasi saat hamil, tak ada salahnya untuk tetap bergerak aktif. Salah satunya adalah dengan berjalan. Berjalan membuat proses persalinan akan berjalan lancar. Moms bisa berjalan, duduk tegak, ataupun berdiri sehingga gravitasi bumi bisa menarik kepala janin yang sudah keluar di jalan lahir. Kepala si janin secara tak langsung akan menarik mulut rahim dan membuat proses pembukaan dimulai.

Melakukan Pijatan

Untuk memperlancar proses persalinan, tak ada salahnya untuk menikmati pijatan. Moms bisa meminta pijatan suami pada area pinggul yang membuat Moms merasa rileks dan nyaman. Pijatan ini dilakukan menjelang proses persalinan agar Moms lebih siap saat melahirkan. Kondisi pikiran dan tubuh yang rileks akan mempengaruhi organ tubuh agar lebih kendur.

Menghirup Aromaterapi

Agar proses persalinan lebih lancar, tak ada salahnya Moms menghirup aromaterapi. Lavender dapat menjadi pilihan tepat untuk membantu menyamarkan rasa sakit dan membuat Moms lebih rileks dan santai. Minyak terapi lavender mengandung zat yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengendurkan otot – otot rahim.

Read more
kehamilan-ternyata-mengubah-otak-wanita-secara-tidak-terduga
Kehamilan Ternyata Mengubah Otak Wanita Secara Tidak Terduga
0
0

Kehamilan membawa perubahan besar pada ibu hamil terutama perubahan fisik. Bentuk tubuh yang lebih gemuk dan perut membuncit pastinya membuat Moms kurang percaya diri. Selain itu, terjadi perubahan hormon dan emosional pada Moms yang hamil. Apakah masih ada perubahan lainnya yang terduga? Ternyata kehamilan membawa perubahan otak pada Moms yang sedang hamil.

Struktur Otak pada Moms Berubah Cukup Drastis Selama Hamil

Ada penelitian yang menyatakan bahwa kehamilan mampu mengubah struktur pada beberapa bagian tertentu di dalam otak pada Moms. Perubahan ini terjadi tak terjadi pada mereka yang belum atau tidak pernah hamil. Bisa dibilang kehamilan berdampak terjadinya perubahan struktur pada otak. Selain itu, kehamilan juga mengurangi cukup signifikan materi abu – abu pada bagian otak yang ada kaitannya dengan kemampuan Moms untuk menempatkan kepentingan orang lain daripada kepentingannya sendiri. Hal ini pastinya membuat Moms lebih sabar dan memperhatikan kehamilannya dan janin saat hamil. Kondisi ini berjalan dan bertahan selama kurang lebih dua tahun. Perubahan pada otak ini akan membuat Moms menjadikan si kecil sebagai prioritas utama selama hamil. Hal inilah yang secara tak langsung membangun ikatan sangat kuat antara si janin dan Moms selama hamil. Penurunan grey matter pada otak tersebut bukan hal atau pertanda buruk. Hal ini adalah proses yang berguna dan bermanfaat untuk seorang ibu.

Kehamilan juga membantu otak Moms lebih istimewa. Kok bisa? Selama proses kehamilan, Moms menjadi lebih peka untuk memahami kebutuhan si kecil dan ancaman sosial dari lingkungan sekitar yang bisa memengaruhi perkembangan si kecil. Perubahan pada otak ini juga akan merangsang terjadinya ikatan emosional yang sangat kuat antara si kecil dan ibu sehingga mereka punya ikatan alami. Perubahan pada otak bagi ibu hamil terjadi memang benar adanya. Wanita hamil menunjukkan perubahan materi abu – abu yang mengalami penurunan, dan adanya penipisan pada bagian cortek yang berkaitan dengan sosial dan koginitifnya.

Perubahan – perubahan diatas terjadi secara umum pada Moms yang hamil. Semua wanita hamil pasti mengalaminya dan tak ada perbedaan baik secara medis atau alami tentang hal tersebut. Perubahan otak saat hamil ternyata berpengaruh terhadap daya ingat Moms selama hamil. Banyak ibu hamil yang mengeluh menjadi mudah lupa dan emosional selama kehamilan. Inilah yang terjadi pada perubahan otak Moms. Selain berdampak baik juga memiliki dampak yang kurang baik. Selain perubahan otak, kehamilan juga mempengaruhi perubahan hormonal pada Moms.

Read more
 

Like Our page