Yang Harus Ayah Lakukan Saat Anak Ketahuan Mencontek Di Sekolah

January 17, 2017
Yang Harus Ayah Lakukan Saat Anak Ketahuan Mencontek Di Sekolah

Setiap orang tua pasti menginginkan anak berprestasi dengan cara yang adil dan jujur. Siapapun tak ingin melihat anaknya mencontek. Perbuatan tak terpuji ini tak hanya terjadi pada anak kecil saja tetapi juga bisa terjadi pada anak SMP atau SMA. Mencontek sebenarnya bukan fase perkembangan si kecil. Jadi, Dads harus menghentikannya.

Jangan Menghakimi Si Kecil

Sebagai orangtua Dads harus menyadari bahwa kegiatan mencontek bukan berarti si kecil adalah orang malas dan tak mau berusaha untuk belajar saat ujian. Kegiatan ini bisa jadi dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan yang menginginkan sesuatu hal dan prestasi secara instan dengan menghalalkan segala cara. Kadang – kadang si kecil mampu menjawab soal dan mengerjakan ujian tetapi si kecil merasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini mengakibatkan si kecil lebih memilih untuk mencontek. Jika Dads mengetahui si kecil mencontek di sekolah, jangan pernah menghakimi perbuatannya. Moms harus bisa membantu si kecil untuk mengatasi perbuatan tak terpuji ini dengan memberikan motivasi dan pengertian.

Jangan Menuntut Nilai Terlalu Tinggi

Sebagai orangtua yang baik, Moms harus mengetahui kemampuan akademis si kecil. Jangan sampai Dads menuntut si kecil untuk memperoleh nilai terlalu tinggi. Dengan target nilai tinggi dan tak sesuai dengan kemampuannya, maka si kecil cenderung akan melakukan hal nekat seperti mencontek. Jadi, saat Dads mengetahui si kecil mencontek, cobalah turunkan target nilai yang harus dipenuhi oleh si kecil. Dads juga bisa mendampingi proses belajar si kecil sehingga bisa mengetahui pelajaran mana yang kurang dipahami si kecil. Teruslah tingkatkan kepercayaan diri si kecil dan kemampuan si kecil agar mampu mendapatkan nilai yang bagus.

Memberikan Motivasi

Bila si kecil ketahuan mencontek di sekolah, langkah – langkah strategis harus dilakukan. Dads bisa mencoba menasehatinya dengan baik dan terkesan tak menghakiminya. Jangan pernah memarahinya di depan banyak orang. Lebih baik Dads memberikan motivasi dan nasihat bijak bagi si kecil. Cara ini diharapkan mampu membuatnya sadar akan kesalahannya dan mengubah perbuatan buruk tersebut.

Memanggil Guru Les atau Pendamping

Si kecil ketahuan mencontek biasanya dikarenakan belum belajar, kurang percaya diri, dan belum paham dengan pelajaran tersebut. Sebaiknya Dads memanggil guru les atau pendamping ke rumah untuk membantu si kecil memahami pelajaran dan membuatnya lebih percaya diri saat akan menghadapi ujian ataupun tes.

Leave a Reply

 

Like Our page