Waspada Kandungan Kuman di Botol Minum Anak ya Ibu!

January 7, 2017
Waspada Kandungan Kuman di Botol Minum Anak ya Ibu!

Apakah biasanya Si Kecil membawa botol minuman sebagai pendamping bekal saat pergi ke sekolah? Memang, dengan memberikan minuman sendiri, setidaknya Moms dapat menghemat uang jajan Si Kecil. Tapi, yang lebih penting, Si Kecil akan dapat terhindar dari mengkonsumsi minuman yang tidak sehat di sekolah. Sayangnya, botol minuman Si Kecil ini juga dapat menjadi sumber penyakit. Hal ini bisa terjadi, bila Moms malas untuk mencuci botol minum Si Kecil.

Mungkin, Moms berpikir, karena botol minuman tersebut hanya diisi oleh air putih, maka tidak perlu dicuci. Hanya dengan dibilas saja, maka botol minuman tersebut dapat bersih. Hal ini jelas sangat salah. Kuman dapat datang dari mana saja, termasuk dari Si Kecil sendiri. Misalnya, saat Si Kecil selesai makan dan minum dengan menggunakan botol minuman, maka akan ada sisa makanan yang menempel di botol tersebut. Hal ini dapat membuat bakteri dan kuman tumbuh di botol tersebut. Selain itu, bakteri dan kuman dapat datang dari dispenser. Hal ini dapat terjadi saat Moms mengisi botol minuman tersebut.

Selain itu, jenis botol minuman juga dapat mempengaruhi tingkat higienis botol tersebut. Misalnya, bila Si Kecil menggunakan botol minuman dengan bentuk slide top. Bentuk ini mempunyai beberapa bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Jadi, kandungan kuman atau bakteri didalamnya sangat tinggi. Bahkan, menurut penelitian, botol minuman jenis ini dapat mengandung bakteri coccus gram positif. Bakteri jenis ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada Si Kecil, misalnya peneumonia, keracunan darah dan infeksi kulit. Bila botol minuman tidak dibersihkan, bakteri ini akan berkembang lebih pesat lagi dan membahayakan Si Kecil.

Bahkan, EmLab P & K, setelah melakukan pengujian pada 12 botol minuman menemukan bila tanpa dicuci, dampaknya sangat berbahaya. Kandungan bakteri yang tinggi sangat membahayakan, bahkan mereka menulis bila botol minuman yang tidak dibersihkan jauh lebih tidak higienis dibandingkan dengan piring yang digunakan untuk makan hewan peliharaan Moms. Jadi, disarankan untuk segera mencuci botol minuman, setelah Si Kecil selesai menggunakannya. Jangan dibiarkan berhari-hari. Dan, akan lebih baik pula, bila Moms memilih botol minuman yang terbuat dari stainless steel untuk Si Kecil. Bahan ini mempunyai daya tahan yang lebih baik daripada botol minuman yang terbuat dari plastik. Tapi, tetap saja, Moms harus rutin mencucinya untuk membersihkannya dari bakteri.

Leave a Reply

 

Like Our page