Tips untuk Si Kecil Terlalu Betah Bermain di Rumah Tetangga

December 10, 2016
Tips untuk Si Kecil Terlalu Betah Bermain di Rumah Tetangga

Moms mungkin sering menemui bila Si Kecil lebih senang bermain di rumah temannya daripada di rumahnya sendiri. Di tambah lagi, bila Moms mengajak pulang Si Kecil, ada banyak kasus dimana Si Kecil tidak mau, menangis bahkan memberontak. Ternyata, kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal. Untuk mengatasinya dan membuat Si Kecil lebih suka bermain di rumahnya sendiri, ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan:

Sadari Kebutuhan Si Kecil

Ternyata Si Kecil juga mempunyai kebutuhan untuk bersosialisasi, berteman dan berkomunikasi dengan orang lain yang seumuran dengannya. Dengan bermain ke rumah tetangga, kebutuhannya ini dapat terpenuhi. Jadi, sebenarnya hal ini normal, tapi Moms juga harus sadar bila ada beberapa hal yang tidak terpenuhi di rumahnya sendiri. Misalnya kebutuhan fisik dan emosional;

Kebutuhan Fisik

Biasanya hal ini berkaitan dengan ketersediaan fasilitas bermain di rumah sendiri. Moms mungkin menemukan bila rumah tetangga mempunyai mainan yang lebih banyak dan makanan yang lebih enak. Namun, bukan berarti Moms harus meniru apa yang ada di rumah tetangga tersebut, dengan membeli mainan yang sama dan memasak makanan yang lebih enak. Moms dapat mengatasi hal ini dengan menciptakan permainan atau kegiatan yang lebih menarik dari yang didapat Si Kecil di rumah tetangga.

Untuk makanan, Moms dapat memasak makanan yang enak dan lezat. Saat ini ada banyak referensi untuk hal ini, dan agar lebih menyenangkan, coba ajak Si Kecil untuk memasak bersama.

Emosional

Masalah ini lebih berat lagi, karena banyak orang tua yang tidak sadar bila Si Kecil memiliki masalah ini. Biasanya, hal ini terjadi bila Si Kecil tidak mendapatkan perhatian seperti seharusnya. Jadi, pastikan Moms dan Dads dapat membuat lingkungan yang nyaman dan beri perhatian sesuai usia Si Kecil. Lalu, Moms dan Dads juga harus menjaga sikap saat berada di depan Si Kecil. Jangan melakukan hal buruk atau marah-marah, karena ini juga bisa menjadi sumber masalah ini.

Kesepakatan

Buat juga kesepakatan dengan Si Kecil tentang berapa lama waktu bermain di rumah tetangga. Kerjasama juga dengan tetangga Moms untuk hal ini. Selain itu, Si Kecil juga akan merasa dipercaya oleh Moms dan ini juga dapat melatih tanggung jawabnya. Pada dasarnya, Moms harus mampu menciptakan rumah yang memang nyaman untuk Si Kecil baik dari sisi fisik maupun psikis.

Leave a Reply

 

Like Our page