Tanda-Tanda Ibu Terlalu Memanjakan Anak

February 7, 2017
Tanda-Tanda Ibu Terlalu Memanjakan Anak

Apakah yang Moms biasa lakukan, setelah Si Kecil berhasil melakukan satu hal yang baik? Tentu saja memujinya, bukan? Memang, hal ini tidaklah salah, dan pujian tersebut berperan sebagai penghargaan untuk Si Kecil. Namun, ada kalanya bila Moms terlalu banyak memuji, hal ini tidak baik untuk Si Kecil. Ini artinya, Moms terlalu memanjakan Si Kecil. Selain memberikan pujian yang terlalu banyak, ada tanda-tanda lain, yang menggambarkan bila Moms terlalu memanjakan Si Kecil. Berikut beberapa diantaranya.

Sering Memberikan Hadiah

Memberikan hadiah yang dimaksud disini adalah memberikan hadiah yang tidak sesuai. Misalnya, Moms memberikan tablet dengan harga premium untuk Si Kecil. Tentu saja ini tidak sesuai dengan usia dan kebutuhan Si Kecil. Alhasil, Si Kecil tidak mampu belajar mengenai konsep kepemilikan dan tanggung jawab. Hal ini tentu tidak baik untuk perkembangan mental Si Kecil.

Meremehkan Kemampuan Si Kecil

Sayangnya, hal ini banyak dilakukan orang tua di Indonesia, dan mungkin Moms juga. Moms merasa Si Kecil belum bisa melakukan satu hal dan menggantikannya melakukan hal tersebut. Hal ini akan membuat Si Kecil terlalu bergantung pada Moms dan tidak bisa mandiri.

Membantu Tanpa Diminta

Saat Si Kecil sedang melakukan sesuatu dan mendapatkan masalah, Moms langsung datang sebagai penyelamat. Moms membantu Si Kecil untuk menyelesaikan masalah tersebut. Padahal, hal ini dapat mengurangi kreativitas dan kemampuan Si Kecil dalam menelaah kondisi di sekitarnya dengan logikanya. Jadi, sebaiknya, Moms melihat dulu masalah yang dihadapi Si Kecil, dan biarkan dia mencoba menyelesaikannya. Hal ini sebenarnya sama dengan poin ke-2, Moms meremehkan kemampuan Si Kecil dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Membiarkan Anak Selalu Mengandalkan Orang Tua

Memang, Moms sebagai orang tua wajib membimbing dan membantu Si Kecil dalam melalui hidupnya. Namun, jangan melakukan secara terus menerus. Latih Si Kecil sejak dini untuk mampu mengandalkan dirinya sendiri. Bila Moms terus membuat Si Kecil bergantung pada Moms dan Dads, maka saat besar nanti, Si Kecil tidak akan bisa mandiri. Si Kecil juga akan mempunyai masalah dalam bersosialisasi, karena tidak terbiasa dengan orang asing, selain Moms dan Dads.

Memang, seperti sudah menjadi kenikmatan sendiri membuat Si Kecil senang dan melihatnya tersenyum, dengan cara memanjakan seperti ini. Namun, ingat, Si Kecil tidak selamanya kecil. Mereka akan tumbuh besar menjadi manusia dewasa yang akan berguna di masyarakat. Jadi, sudah kewajiban Moms dan juga Dads, mempersiapkannya sejak dini.

Leave a Reply

 

Like Our page