Si Kecil Tak Punya Teman? Bantu dengan Cara Ini Dads!

November 5, 2016
Si Kecil Tak Punya Teman? Bantu dengan Cara Ini Dads!

Memahami karakteristik si Kecil sejak dini amatlah penting bagi Dads, karena hal ini akan membantu Dads dalam memecahkan masalah yang sedang dia hadapi. Salah satunya saat si Kecil masuk ke lingkungan sekolah yang notabene berbeda jauh dengan rumah. Sebagian anak mungkin tidak akan kesulitan untuk melebur dan bersosialisasi dengan cepat. Namun, bagaimana kalau si Kecil mempunyai sifat yang lebih tertutup dan menyulitkannya dalam bergaul?

Dads pasti kecewa, sedih, sekaligus khawatir melihat si Kecil main sukar mendapatkan teman sebaya untuk bermain. Sebagai orangtua dan salah satu orang terdekatnya di rumah, sudah jadi tugas Dads membantu si Kecil untuk menemukan jalan keluar dari kesulitan ini. Selain membuat rasa percaya diri si Kecil naik, bantuan ini akan mengeratkan ikatan Dads dengannya.

Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat Dads ajarkan supaya si Kecil bisa mendapatkan teman.

Mengajari Si Kecil Keterampilan Berteman

Untuk berteman, ternyata ada keterampilan yang perlu si Kecil pahami. Keterampilan tersebut meliputi belajar jadi pendengar yang baik, mau berbagi, dan saling berganti. Untuk mempermudah si Kecil dalam mempelajari keterampilan ini, Dads dapat mengajarkannya melalui permainan yang dia sukai. Ajaklah teman-teman sebayanya untuk bermain sambil melatih keterampilan tadi.

Mengundang Teman Si Kecil ke Rumah

Jika tetangga Dads mempunyai anak seumuran si Kecil, tak ada salahnya untuk mengundang mereka main ke rumah. Hal ini dapat menjadi pengenalan awal bagi si Kecil untuk menjalin pertemanan. Dads tak perlu menunggu momen ulang tahun atau syukuran untuk mengundang temannya. Sebagai balasan, Dads bisa mengajak si Kecil main ke rumah temannya tersebut.

Memperhatikan Kualitas Alih-alih Kuantitas

Jangan menjadikan jumlah menjadikan patokan berteman. Meski hanya sedikit, kalau si Kecil merasa nyaman bermain bersama teman-temannya, maka Dads tidak perlu khawatir. Apalagi kalau teman-teman si Kecil membawa pengaruh yang baik dan positif. Dibandingkan jumlah banyak, tetapi si Kecil malah semakin pendiam dan enggan bermain bersama Dads.

Jangan Memaksakan Kehendak untuk Si Kecil

Untuk masuk ke lingkungan baru, si Kecil membutuhkan waktu. Maka dari itu, Dads jangan paksa dia bergabung dengan teman-temannya kalau dia belum siap. Hal tersebut malah akan membuat suasana jadi canggung dan si Kecil makin enggan bermain. Dads berhak mendukungnya, tetapi sesuaikan pula dengan mood si Kecil.

Leave a Reply

 

Like Our page