Si Kecil Korban Bullying? Bantu Ia Bangun Percaya Dirinya dengan Cara Ini Dads!

October 26, 2016
Si Kecil Korban Bullying? Bantu Ia Bangun Percaya Dirinya dengan Cara Ini Dads!

Isu penindasan atau bullying sudah lama merebak dan tergolong sulit untuk dientaskan. Setiap tahunnya, masih ada korban-korban yang bermunculan—mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lantas, bagaimana kalau si Kecil termasuk ke dalam daftar korban tersebut? Sebagai seorang ayah, Dads pasti akan sangat merasa terpukul. Si Kecil pun mengalami trauma sampai kehilangan rasa percaya diri. Sehingga dia pun akan sangat ketakutan saat bertemu banyak orang.

Untuk mengembalikan rasa percaya dirinya, Dads dapat menerapkan cara-cara di bawah ini.

Mendiskusikan Masalah yang Si Kecil Hadapi

Komunikasi adalah kunci utama untuk menyelesaikan masalah. Dekati si Kecil pelan-pelan dan ajak dia bicara. Namun, jangan sampai Dads mengintimidasinya. Buat si Kecil merasa nyaman dahulu sampai dia mau mengungkapkan masalah yang dia hadapi saat ditindas murid atau orang lain.

Bantu Si Kecil Melakukan Kegiatan Menyenangkan

Menurunnya tingkat kepercayaan diri si Kecil pasti membuatnya agak kesulitan untuk melakukan hal-hal menyenangkan. Dads dapat mengajaknya beraktivitas dengan menawarkan kegiatan-kegiatan yang dia sukai, misalnya melukis, menggambar, berolahraga, dan lain sebagainya.

Mengajarkan Si Kecil untuk Jadi Seorang Pemaaf

Tak jarang seseorang yang pernah ditindas malah balik menindas orang lain. Dads dapat mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan mengajarkan si Kecil untuk menjadi seorang pemaaf dan memberitahunya bahwa tindakan seperti bullying adalah bentuk kejahatan yang harus dihindari.

Kenalkan Konsep Membangun Hubungan yang Baik

Bukan hanya membuatnya jadi tak percaya diri, si Kecil pun enggan berkomunikasi dengan orang lain. Dads, selaku orang terdekatnya di rumah, perlu mengenalkan kembali konsep membangun hubungan yang baik kepadanya dan menemukan kebahagiaan dalam hal sekecil apa pun.

Mendukungnya untuk Meraih Cita-cita yang Diinginkan

Jangan sampai kasus penindasan yang dialami si Kecil membuatnya mengubur cita-cita yang sudah lama dia impikan. Selama positif dan bermanfaat, sudah sewajibnya bagi Dads untuk selalu mendukung si Kecil, bahkan setelah dia mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan.

Mengajak Si Kecil Bermain dalam Setiap Kesempatan

Dads pasti sedih karena si Kecil menjadi murung dan tidak seceria dulu lagi. Maka dari itu, luangkan waktu untuk mengajaknya bermain. Kegiatan favoritnya bisa dijadikan pilihan untuk mengembalikan rasa percaya diri si Kecil yang sempat hilang akibat tindakan bullying.

Semoga informasi di atas dapat membantu Dads memulihkan rasa percaya diri si Kecil dengan cepat!

Leave a Reply

 

Like Our page