Rasa Cemas Anak Saat Pindah Sekolah Bisa Dikurangi dengan Cara Ini

January 5, 2017
Rasa Cemas Anak Saat Pindah Sekolah Bisa Dikurangi dengan Cara Ini

Saat Moms dan Dads harus pindah kerja, maka mau tidak mau, Si Kecil juga harus ikut. Dan, itu artinya, Si Kecil harus pindah sekolah. Terdengar sepele memang, akan tetapi, pindah sekolah dapat menjadi hal yang sulit untuk dilakukan Si Kecil. Bahkan, Si Kecil bisa mendapatkan banyak masalah di sekolah barunya. Salah satu masalah yang sering muncul adalah Si Kecil merasa cemas. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kecemasan Si Kecil ini. Mulai dari mereka harus beradaptasi dengan tempat yang sama sekali baru. Lalu, kecemasan datang juga karena Si Kecil harus meninggalkan teman-temannya. Karena hal ini juga, Si Kecil merasa kesepian dan tidak berani untuk mencari teman baru. Bila masalah ini dibiarkan berlarut-larut, maka akan tidak baik untuk perkembangan Si Kecil, khususnya dalam kemampuan bersosialisasinya. Hal ini akan memberikan masalah besar untuk Si Kecil di masa depan. Jadi, sebaiknya, Moms harus mengatasi ini sejak dini.

Untuk mengatasi rasa cemas yang dialami oleh Si Kecil ini, cara yang bisa Moms gunakan adalah berbicara dan memberikan penjelasan. Lakukan ini sebelum pindah ke tempat baru dan sekolah baru untuk Si Kecil. Jelaskan mengenai apa saja yang ada di tempat baru tersebut, mulai dari kondisi lingkungan, orang-orangnya dan lain sebagainya. Setelah Moms sekeluarga pindah ke tempat tersebut, maka Moms dapat mulai menggunakan cara selanjutnya, yaitu mengajak Si Kecil langsung melihat sekolah yang akan dia masuki. Dengan cara ini, maka Si Kecil akan lebih terbiasa dan tidak takut saat akan datang ke sekolah tersebut nantinya. Akan lebih baik juga, bila Moms mengajak Si Kecil melihat sekolah tersebut, saat ada kegiatan belajar. Jadi, Si Kecil juga akan dapat melihat calon teman-temannya. Selain itu, Moms dapat juga meminta pendapat dari Si Kecil tentang sekolah yang ingin dia masuki. Ini juga dapat dilakukan agar Moms dapat mencarikan sekolah dimana Si Kecil dapat lebih nyaman.

Pada dasarnya, rasa cemas yang dialami oleh Si Kecil datang karena ketidaktahuannya terhadap hal baru yang akan dihadapinya. Hal ini merupakan insting dasar dari manusia, jadi sangat wajar. Karena itu, dengan mengajaknya langsung datang ke tempat baru tersebut dan memberikan berbagai informasi mengenai tempat tersebut, rasa ingin tahunya akan terpenuhi. Kondisi ini sedikit banyak akan mengurangi kecemasan yang ada dalam diri Si Kecil.

Leave a Reply

 

Like Our page