Pakai Cara Ini untuk Atasi Si Kecil yang Suka Bicara Kasar Dads!

November 8, 2016
Pakai Cara Ini untuk Atasi Si Kecil yang Suka Bicara Kasar Dads!

Paling mengagetkan saat Dads mendengar Si Kecil mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas. Bukan hanya berkata kasar saja. Lalu bagaimana kalau sudah begini, Dads? Sebenarnya ada beberapa cara yang mendidik, yang bisa Dads pakai buat mengatasi masalah ini.

Hentikan dan Jauhkan dari Aktivitasnya

Misalnya Si Kecil sedang bermain bersama temannya saat berkata kasar, Dads langsung mengajak Si Kecil ke tempat lain. Jadi, saat Dads memberitahu kalau kata yang diucapkannya tidak baik, Si Kecil tidak merasa dihakimi di depan teman-temannya.

Ulangi

Bukan berarti Dads menyuruh Si Kecil untuk mengulangi kata kasar tersebut. Tapi, Dads melakukan ini agar Dads lebih jelas mendengar apa yang dikatakan Si Kecil. Bila ternyata bukan kata kasar, jangan diapa-apakan. Tapi, bila ternyata Si Kecil berkata kasar, Dads bisa memberitahu kalau kata-kata tersebut tidak baik untuk diucapkan. Jelaskan secara jelas pada Si Kecil dan jangan diberikan hukuman, kalau Si Kecil baru pertama mengucapkan kata-kata kasar tersebut.

Cara Memberitahu

Gunakan nada bicara yang lembut dan penuh kasih sayang. Cara ini bisa membuat Si Kecil lebih perhatian dan ingat apa yang diberitahukan oleh Dads tentang kata-kata kasar tadi. Jangan tunjukkan kemarahan. Kemarahan akan berakibat dua hal. Si Kecil bisa takut dan tertutup dengan Dads, dan mereka tidak akan bisa akrab dan dekat seperti seharusnya. Dan akibat kedua, Si Kecil bisa menjadi pemberontak. Bila hal ini yang terjadi, maka Si Kecil menjadi nakal dan tidak akan mendengar atau menuruti kata-kata dari Dads dan Moms.

Konsekuensi

Bila Si Kecil masih mengulangi berkata kasar meskipun sudah Dads beritahu, Dads bila mulai menerapkan hukuman. Ini perlu agar Si Kecil mengenal dan mengetahui konsekuensi atas tindakan yang dilakukannya.

Konsekuensi bisa berupa banyak hal. Misalnya, bila Si Kecil mengulanginya untuk kedua kalinya, Dads bisa berkata agak keras dan tegas untuk menghentikan dan tidak mengulangi kata-kata tersebut. Tapi ingat, suara dengan nada tinggi bisa mematikan sebagian sel otak Si Kecil, khususnya saat Si Kecil masih dalam masa pertumbuhan. Jadi, Dads harus mengendalikan nada suara agar tidak seperti membentak. Tapi, lebih ke tegas.

Sebenarnya, hal yang paling penting disini adalah Dads dan Moms, serta lingkungan. Pastikan Dads dan Moms tidak juga berkata kasar. Dan, jauhkan Si Kecil dari lingkungan atau pergaulan dimana banyak temannya menggunakan kata-kata kasar.

Leave a Reply

 

Like Our page