Mau Si Kecil Jadi Anak Baik di Sekolah? Ini yang Perlu Moms Lakukan

October 21, 2016
Mau Si Kecil Jadi Anak Baik di Sekolah? Ini yang Perlu Moms Lakukan

Sebagai orangtua, Moms pasti akan senantiasa memberikan yang terbaik untuk si Kecil, termasuk dalam bidang pendidikan. Sebelum masuk ke lingkungan sekolah, si Kecil akan mendapatkan pendidikan awal di rumah dengan orangtua sebagai gurunya. Maka, penting bagi Moms dan Dads untuk membekali si Kecil dengan pelajaran-pelajaran yang baik. Sehingga saat masuk sekolah, si Kecil dapat beradaptasi dan menerapkan hal-hal yang telah dia pelajari di rumah.

Nah, Moms, di bawah ini ada beberapa kebiasaan yang dapat diajarkan pada si Kecil agar dia dapat jadi anak baik di sekolah kelak.

Kebiasaan Hidup Sehat

Membiasakan si Kecil hidup sehat sejak usia dini akan memproteksi tubuhnya dari beragam penyakit. Jadi, Moms tetap harus mengawasi asupan makanan dan minuman, porsi serta waktu tidur, hingga aktivitas mereka baik di dalam maupun di luar ruangan demi membiasakan pola hidup sehat.

Mendorongnya untuk Membaca

Membuat anak suka membaca memang terbilang sulit, tetapi ada trik-trik yang dapat Moms terapkan agar dia menyukainya. Misalnya dengan membacakan kisah atau dongeng sebelum si Kecil tidur atau mengajaknya membaca buku favoritnya. Buku bergambar dapat menarik perhatiannya untuk membaca.

Memberi Hadiah yang Sesuai

Si Kecil akan lebih tertarik melakukan atau mematuhi permintaan Moms kalau dibarengi hadiah atau reward yang sesuai dengan umurnya. Misalnya menjanjikan hadiah jalan-jalan ke taman bermain atau membelikannya alat musik kalau mereka mau belajar yang rajin.

Mengamati Si Kecil Belajar

Dengan mengamati si Kecil belajar, Moms jadi tahu metode mana yang dapat diterapkan dan mana yang seharusnya ditinggalkan. Moms juga dapat membimbing si Kecil saat dia kesulitan dalam menyelesaikan masalah atau materi yang sedang dia pelajari.

Mengenalkan Persaingan Sehat

Si Kecil perlu mengetahui makna persaingan sehat, karena di sekolah dia akan menghadapi anak-anak lain. Mereka juga akan menjadi lebih termotivasi saat melihat kawan-kawannya berprestasi. Ajari si Kecil tentang aturan dalam persaingan tersebut dan buat dia semakin termotivasi.

Mendukung Aktivitas Positif

Jika si Kecil melakukan kegiatan-kegiatan bersifat positif, sebagai orangtua yang baik, Moms tentunya harus memberi dukungan untuknya. Bila perlu, Moms juga mendukungnya dengan fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang si Kecil untuk mengembangkan kegiatan tersebut.

Semoga informasi ini membantu Moms dalam mendidik si Kecil sebelum masuk ke sekolah!

Leave a Reply

 

Like Our page