Maksimalkan Kecerdasan Si Kecil Lewat Makanan Kaya Tirosin

December 8, 2016
Maksimalkan Kecerdasan Si Kecil Lewat Makanan Kaya Tirosin

Menurut beberapa penelitian, makanan yang dimakan oleh Si Kecil dapat mempengaruhi perkembangan otak dan kecerdasan. Salah satu zat yang terdapat dalam makanan dan dapat mendukung perkembangan kecerdasan Si Kecil adalah tirosin. Tirosin sendiri adalah salah satu zat dalam kelompok asam amino yang mampu menstimulasi pembentukan hormon dalam tubuh manusia. Tirosin juga yang berperan untuk merangsang produksi dopamine atau hormon bahagia. Jadi, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat ini, maka Si Kecil akan tumbuh menjadi lebih sehat. Lantas, makanan apa sajakah yang mengandung tirosin?

Keju

Keju dapat dikatakan sebagai makanan sumber Tirosin terbaik. Terdapat kandungan Tirosin yang cukup tinggi dalam makanan berasa gurih dan enak ini. Namun, kandungan Tirosin yang ada dalam keju berbeda-beda sesuai dengan jenis kejunya. Misalnya pada keju permesan, terdapat kandungan Tirosin sebanyak 1.995 mg per 100 gram keju permesan. Lalu keju lainnya ada yang hanya mempunyai Tirosin sebanyak 399 mg per 100 gramnya.

Pisang

Tiap 100 gram pisang, terdapat sekitar 121 mg Tirosin. Kandungan ini dapat bertambah saat pisang semakin matang. Di tambah lagi, kandungan potassium dalam pisang yang berfungsi untuk memperkuat otot Si Kecil juga menjadi salah satu nilai tambah dari buah ini. Teksturnya yang lunak dan mudah dicerna juga menjadi alasan mengapa buah ini menjadi salah satu menu rekomendasi dalam MPASI.

Daging Ayam

Selain sebagai sumber protein yang baik, tiap satu ons daging ayam terdapat kandungan tirosin yang cukup tinggi, yaitu 1.500 mg. Untuk daging ini, Moms dapat memilih daging bagian dada. Hal ini disebabkan, bagian ini memiliki tirosin yang tinggi, tetapi kandungan lemaknya rendah.

Ikan

Moms dapat memilih ikan laut karena mengandung lebih banyak tirosin bila dibandingkan dengan ikan air tawar. Selain itu, ikan laut juga mengandung omega3 yang baik untuk perkembangan otak, mata dan jantung Si Kecil. Ikan juga dapat menjadi pilihan alternatif untuk Moms yang ingin menyajikan masakan yang berbeda untuk Si Kecil.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga menjadi sumber tirosin yang baik, khususnya brokoli dan bayam. Menurut penelitian dari peneliti di Leiden University dan University of Amsterdam, dua jenis sayuran hijau ini dapat membantu perkembangan refleks Si Kecil. Sayangnya, rasanya yang tidak enak akan sangat sulit untuk membuat Si Kecil memakannya. Gunakan cara seperti membuat puree untuk sayuran ini dan dicampurkan pada nugget ayam atau ikan. Dengan cara ini maka Si Kecil mendapatkan asupan tirosin yang cukup.

Leave a Reply

 

Like Our page