Kenali Kebaikan Yodium Agar Si Kecil Cerdas Yuk Moms!

December 11, 2016
Kenali Kebaikan Yodium Agar Si Kecil Cerdas Yuk Moms!

Yodium merupakan salah satu zat yang penting yang harus ada dalam makanan yang dikonsumsi manusia karena manfaatnya yang besar terhadap kesehatan. Tentu Moms sudah tahu, bila seseorang kurang asupan yodium, terdapat banyak masalah, seperti gondok dan sejenisnya. Selain itu, yodium ternyata juga berguna untuk Si Kecil.

Perlu Moms ketahui, Yodium adalah zat yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh manusia. Artinya, agar manfaat dari zat ini bisa didapat oleh Si Kecil, maka hanya ada satu jalan yang bisa digunakan, yaitu melalui makanan yang dimakan Si Kecil. Ada banyak makanan yang mengandung zat ini. Tapi, sebagian besar makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan laut adalah makanan yang mengandung yodium dalam jumlah cukup.

Sedangkan manfaat yodium untuk kecerdasan Si Kecil, berkaitan erat dengan kelenjar tiroid pada tubuh Si Kecil. Yodium sendiri berfungsi untuk merangsang produksi hormon tiroid dari kelenjar ini. Hormon ini berfungsi untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk pembentukan sel syaraf dan meningkatkan umpan balik antara sel syaraf tersebut. Otak yang merupakan organ yang berperan besar pada kecerdasan Si Kecil mempunyai banyak sekali sel syaraf, dan kecepatan perpindahan impuls listrik pada neuron atau sel syaraf otak akan mempengaruhi seberapa cepat dan jelas, otak tersebut memproses informasi yang diterimanya.

Dengan mengoptimalkan fungsi kelenjar tiroid, maka perpindahan impuls listrik pada neuron ini juga akan menjadi lebih cepat dan lebih baik, atau bahasa mudahnya, manusia akan dapat berpikir lebih cepat dan sistematis. Bila kondisi ini terjadi pada Si Kecil, di mana usianya adalah usia penting perkembangan otaknya, maka bisa dikatakan kecerdasan Si Kecil akan meningkat pesat. Si Kecil akan lebih mudah menangkap informasi dan memprosesnya, serta mengingatnya. Hal inilah yang membuat Si Kecil menjadi cepat mengerti saat belajar sesuatu yang baru. Bukan hanya saat di sekolah dan mempelajari pelajaran sekolah, saat masih balita Si Kecil pun belajar mengenai Moms, Dads, lingkungan sekitar, kata-kata atau bahasa baru, serta berbagai rangsangan informasi. Pada masa itu, Si Kecil dapat lebih mudah melakukannya. Alhasil perkembangan otak, kemampuan kognitif, dan motorik Si Kecil akan menjadi lebih baik. Jadi, tidak hanya cerdas, namun yodium ternyata juga berperan besar untuk perkembangan Si Kecil secara keseluruhan. Mulai sekarang, Moms dapat memberikan asupan makanan yang mengandung Yodium untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil.

Leave a Reply

 

Like Our page