Kapan Anak Siap Belajar di Sekolah?

January 2, 2017
Kapan Anak Siap Belajar di Sekolah?

Mungkin Moms dan Dads di rumah seakan tidak percaya jika Si Kecil sudah mulai beranjak dewasa dan siap belajar di sekolah. Memang sangat mengasyikkan sekali saat orang tua dapat melihat tumbuh kembang sang anak. Namun, banyak dari mereka yang kebingungan saat ditanya kapan anak mereka siap untuk bersekolah. Pada kenyataannya, perkembangan tiap anak pastilah berbeda dimana orang tua tidak bisa mematok pada umur berapa anak-anak sudah siap untuk belajar. Contohnya saja ada anak yang pada umur 4 tahun sudah bisa berbicara dengan lancar atau bahkan bisa membaca dengan baik. Di sisi lain, anak lain yang memiliki umur sama belum dapat melakukan hal tersebut.

Lalu Kapan Si Kecil Bisa Belajar?

Ketika anak mulai belajar di sekolah, ia akan bertemu dengan teman-teman lain yang mungkin umurnya tidak sepantaran dengannya. Dr. Susan yang merupakan ahli anak usia dini mengatakan kalau kesiapan anak untuk belajar di sekolah ditentukan oleh tingkat kematangan, kekuatan, dan keterampilan si anak. Biasanya sebagian besar anak-anak siap bersekolah mulai dari umur 4 tahun. Lalu bagaimanakan Moms dan Dads mengetahui adanya perbedaan tersebut? Berikut ini adalah ciri-ciri jika Si Kecil sudah siap belajar di sekolah.

  1. Si Kecil sudah pandai untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain, baik dengan dengan orang tua ataupun teman sebayanya.
  2. Si Kecil mampu dengan mudah menerima serta memahami berbagai instruksi yang diberikan, misalnya duduk, berdiri, makan, minum, dsb.
  3. Mampu bersikap lebih mandiri dan mau melakukan segala sesuatunya dengan sendiri seperti tidak merengek, menangis, mengambil minum sendiri, makan sendiri, dll.
  4. Adanya keinginan dari Si Kecil sendiri untuk belajar di sekolah. Jika Moms dan Dads sudah mendengar sendiri, maka ia sudah bisa di daftarkan ke sekolah.

Cara Mempersiapkan Si Kecil Agar Siap Bersekolah

Ada beberapa tips yang dapat Moms dan Dads lakukan di rumah untuk mempersiapkan Si Kecil belajar di sekolah, diantaranya sebagai berikut:

  1. Moms bisa mulai mengajarinya mengenal berbagai warna dan huruf dengan menggunakan mainan-mainannya. Ajaklah Si Kecil mengucapkan kata-kata tersebut secara berulang-ulang agar lancar.
  2. Mengajari Si Kecil tentang kedisiplinan dengan cara mengajaknya membereskan mainan, mengajari cara menggunakan sendok dan garpu, dll.
  3. Sebelum tidur, Moms atau Dads bisa bergantian setiap harinya untuk membacakan Si Kecil dongeng dari buku cerita. Hal ini bertujuan untuk mengajarinya cara memperhatikan dan menyimak dengan baik.
  4. Untuk melatih kemampuan motorik Si Kecil, Moms bisa memberikan sebuah buku gambar dan alat mewarnai. Biarkan ia berimajinasi dengan cara mencoret-coret di atas kertas gambar tersebut.
  5. Untuk mengajarkan Si Kecil menjadi pemberani dan mau bersosialisasi, Moms dapat mengajarinya bernyanyi atau menari. Selain itu, seringlah ajak ia berbicara dan berkomunikasi dengan baik, atau mengenalkannya dengan orang lain.

Nah, mulai sekarang Moms dan Dads sudah tidak perlu bingung lagi mengenai kapan Si Kecil siap untuk belajar di sekolah.

Leave a Reply

 

Like Our page