Jangan Lakukan Kesalahan dalam Mendidik Anak Ini ya Ayah!

February 18, 2017
Jangan Lakukan Kesalahan dalam Mendidik Anak Ini ya Ayah!

Mendidik si kecil sebenarnya cukup sulit. Dads harus melakukannya dengan benar dan menghindari kesalahan. Kesalahan mendidik si kecil sering dilakukan moms dan dads. Seringkali Dads tak tahu bahwa itu adalah kesalahan yang harus dihindari saat mendidik si kecil. Apa saja kesalahan – kesalahan dalam mendidik si kecil ini ya?

Mengajari Si Kecil Tak Pernah Salah

Kesalahan ini sebenarnya seringkali dilakukan oleh Dads saat mendidik si kecil. Loh kok bisa? Pastinya Dads pernah melihat si kecil jatuh dan menangis. Kemudian untuk menenangkannya biasanya Dads bilang kodoknya nakal atau jalannya nakal. Sebenarnya ini terlihat sepele tetapi ini adalah pemahaman yang salah bagi si kecil karena menyalahkan benda atau orang lain. Padahal hal ini terjadi karena si kecil memang belum bisa berjalan dengan baik. Kedepannya si kecil akan cenderung menyalahkan orang lain bila berbuat salah.

Bohong pada Si Kecil

Apakah Dads pernah berbohong pada si kecil? Mungkin sudah sangat sering ya. Mulai saat ini sebaiknya Dads mulai menghindarinya. Berbohong apapun itu akan memiliki konsekuensi kedepannya. Si kecil menjadi tak percaya kepada Dads dan Moms. Bahkan bisa jadi si kecil akan kesulitan untuk mempercayai orang lain karena ada rasa trauma.
Sering Menakut – Nakuti Si Kecil

Kalimat bernada menakut – nakuti pastinya seringkali Dads lontarkan saat bersama si kecil. Misalnya, si kecil rewel, kemudian Dads mengatakan pada si kecil untuk jangan rewel, nanti kalau masih rewel didatangi orang gila. Kalimat tersebut memang terkadang manjur untuk membuat si kecil menjadi penurut. Apalagi bila yang dimunculkan adalah hal atau orang yang memang ditakuti si kecil.Tidak dilarang memang, tetapi sebaiknya sampaikan dengan baik dan benar. Jangan sampai si kecil trauma atau menjadi penakut saat sudah dewasa nanti.

Berkata Jelek dan Jorok

Dads pastinya pernah berkata jelek dan jorok saat bersama si kecil misalnya malas, bodoh, nakal, dan lain – lain. Sebaiknya sebisa mungkin untuk menghindari kata – kata negatif tersebut. Apapun yang Dads katakan akan diingat dan ditirukan si kecil nantinya. Si kecil akan meniru ucapan apapun yang Dads ucapkan. Jadi, berhati – hatilah. Dads pastinya tak ingin si kecil bilang goblok, bodoh, dan nakal di kemudian hari. Tahanlah bila Dads ingin mengumpat atau bisa mencoba mengumpat dengan kata – kata positif.  Itulah tadi beberapa kesalahan yang lazim dilakukan oleh Dads yang harus dihindari saat mendidik si kecil.

 

Leave a Reply

 

Like Our page