Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Saat Menjaga Si Kecil, Dads!

October 22, 2016
Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Saat Menjaga Si Kecil, Dads!

Menjaga si Kecil bukan hanya tugas Moms saja, tetapi Dads juga. Apalagi kalau Moms sibuk atau sakit, sehingga kesulitan untuk mengurus si Kecil. Dads mungkin kurang terbiasa, bahkan masih melakukan beberapa kesalahan saat sedang mengasuh si Kecil di rumah. Dads tentunya tidak mau si Kecil cedera atau semacamnya, bukan? Maka dari itu, hindari 4 kesalahan di bawah ini.

Menidurkan si Kecil di Bouncer atau Car Seat

Terkadang, Dads harus mengasuh si Kecil saat sedang mengemudi dan memilih bouncer atau car seat sebagai tempat tidur. Kebiasaan tersebut sekilas memang tidak membahayakan, tetapi kalau posisinya tidak tepat malah akan membahayakannya, lho. Misalnya, si Kecil yang tidur di jok penumpang berisiko kesulitan bernapas karena kepalanya terjatuh ke bagian depan. Akan lebih baik kalau Dads memakai kotak atau car seat khusus bayi di dalam mobil.

Tidak Memakai Brake yang Ada Pada Stroller

Stroller sering digunakan para orangtua untuk membawa anaknya berjalan-jalan ke luar rumah. Jika Dads ingin istirahat sebentar dan duduk di bangku taman, sebaiknya pakai fungsi rem atau brake pada stroller. Tindakan tersebut dimaksudkan untuk menahan stroller supaya tidak gampang terdorong kalau tak sengaja tersenggol orang lain. Sayangnya, masih banyak orangtua yang melupakan kebiasaan ini dan malah membahayakan si Kecil di dalam stroller.

Memakaikan Bantal Tambahan Pada Car Seat

Masih berkaitan dengan mobil, ada kalanya Dads menggunakan bantal atau head support untuk si Kecil yang sedang terlelap di jok penumpang. Kebiasaan umumnya dilakukan dengan harapan agar si Kecil lebih merasa nyaman saat sedang berada di dalam mobil. Padahal, tindakan tadi tidak dianjurkan karena akan membuat si Kecil jadi tak nyaman. Dads cukup pakai head support yang telah disediakan produsen mobil, sebab bantal tersebut sudah melewati berbagai tes demi menjaga keamanan si Kecil.

Menutupi si Kecil di Stroller dengan Selimut

Kesalahan terakhir yang masih sering dilakukan Dads saat menjaga si Kecil adalah menutupinya dengan selimut saat dia berada di dalam stroller. Banyak orang yang melakukannya untuk menghangatkan si Kecil atau melindunginya dari paparan sinar matahari. Padahal, kebiasaan tadi dapat menaikkan suhu di dalam stroller dan memicu Sudden Infant Death Syndrome. Sebaiknya Dads pakai kanopi stroller saja untuk melindungi si Kecil.

Leave a Reply

 

Like Our page