Ini yang Harus Dads Perhatikan Saat Pilih Sekolah untuk Si Kecil!

October 30, 2016
Ini yang Harus Dads Perhatikan Saat Pilih Sekolah untuk Si Kecil!

Mencarikan sekolah untuk si kecil sebenarnya bukan perkara mudah. Jangan asal memilih sekolah karena lokasinya dekat ataupun biayanya mahal. Dads harus mempertimbangkan beberapa hal lainnya sebelum memilihkan sekolah untuk si kecil. Jangan sampai Dads salah mencarikan sekolah untuk si kecil karena hal ini akan mengganggu perkembangan si kecil. Dan, inilah beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk memilih sekolah.

Jarak Sekolah

Biasanya jarak sekolah menjadi pertimbangan utama untuk memilihkan sekolah bagi si kecil. Jauh dan dekatnya jarak sekolah akan berpengaruh terhadap kondisi fisik dan kesehatan si kecil. Bila sekolahnya terlalu jauh, maka si kecil akan mudah lelah dan kurang konsentrasi saat pelajaran dan mengerjakan tugas. Tetapi, dengan jarak jauh, maka tak akan memberikan kesempatan bermain terlalu lama. Sebaiknya Dads lebih bijak dengan jarak sekolah si kecil. Pilihlah sekolah yang jaraknya tak terlalu jauh ataupun terlalu dekat dengan rumah agar kondisi belajar bisa berjalan kondusif.

Kondisi Sekolah

Selain jarak, memperhatikan kondisi sekolah juga menjadi pertimbangan utama. Dads harus memilih sekolah dengan kondisi layak untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Apakah sekolah tersebut lokasinya dekat publik atau keramaian? Kualitas sekolahnya seperti apa? Bagus atau tidak? Pastikan bahwa kondisi sekolah itu ideal untuk proses belajar si kecil.

Konsep Kurikulum dan Belajar Sekolah

Dads juga harus memperhatikan konsep kurikulum dan belajar yang diusung oleh suatu sekolah. Ada suatu sekolah yang cenderung menerapkan konsep konvensional yaitu proses belajar mengajar dengan ceramah saja. Namun, ada sekolah yang menerapkan konsep Montessori. Sekolah dengan konsep sekolah alam yang memaksimalkan ruangan terbuka dan alam sebagai tempat belajar. Pilihlah sekolah yang sesuai dengan gaya belajar si kecil.

Komposisi Murid di Dalam Kelas

Kelas yang ideal adalah kelas yang berisi sejumlah murid saja yang membuatnya tak terlalu ramai dan penuh. Sebaiknya Dads memilih sekolah dengan jumlah murid ideal yaitu 25 murid dengan dua orang guru. Komposisi kelas ini sangat ideal karena setiap guru mengatur 12 murid. Dan ini membuat si kecil lebih bisa berkonsentrasi dan fokus dalam belajar.

Kualitas dan Mutu Sekolah

Yang terakhir adalah mutu dan kualitas sekolah itu sendiri. Dads pastinya ingin memasukkan si kecil ke dalam sekolah unggulan dan berkualitas. Tak ada salahnya untuk mencari tahu mutu lulusan sekolah itu. Dads juga bisa mengobservasi kualitas guru – guru yang mengajar disana. Kedua hal ini menjadi pertimbangan amat penting sebelum memilihkan si kecil sekolah yang tepat untuk perkembangannya.

Leave a Reply

 

Like Our page