Ini Materi Pelajaran untuk Anak yang Berkebutuhan Khusus

January 11, 2017
Ini Materi Pelajaran untuk Anak yang Berkebutuhan Khusus

Merupakan suatu hal yang tidak mudah tentunya ketika Moms dan Dads menghadapi Si Kecil yang berkebutuhan khusus. Sebagai orang tua yang baik, sudah menjadi tanggung jawab kita terhadap amanat sekaligus anugerah terindah dari Sang Pencipta.

Memiliki Tingkat Kecerdasan Berbeda

Tidak dapat dipungkiri kalau Si Kecil yang berkebutuhan khusus memang memiliki tingkat pemikiran dan kecerdasan berbeda dari anak-anak yang lain. Hal ini akan membuat para orang tua harus ekstra sabar dalam mendidik serta mengajari mereka. Tuhan sudah berencana dengan sedemikian adil yaitu dengan memberikan tiap manusia kekurangan beserta kelebihannya. Bukan berarti anak berkebutuhan khusus tidak mampu sepandai dan berprestasi di sekolah loh Moms, Dads. Akan tetapi, seringkali orang tua kebingungan bagaimana sih cara yang tepat mengajari Si Kecil dengan kebutuhan khususnya agar mereka mampu belajar dengan baik.

Materi Pelajaran yang Tepat

Ringan dan Menyenangkan

Jika anak-anak biasa dapat menangkap pelajaran dengan mudah hanya dengan dijelaskan saja, maka berbeda dengan yang berkebutuhan khusus. Perlu diperhatikan kalau Si Kecil yang berkebutuhan khusus harus mendapatkan pendampingan penuh dengan materi pembelajaran ringan dan pastinya lebih menyenangkan.

Menggunakan Musik dan Lagu

Memang sangat sulit sekali untuk mendapatkan perhatian dari Si Kecil yang berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, Moms dan Dads bisa menggunakan berbagai lagu anak-anak saat mengajarinya.

Memperbanyak Gerakan Tubuh

Dengan mengajak Si Kecil menari atau melakukan gerakan-gerakan tubuh yang lain akan merangsang kemampuan motorik mereka sehingga dapat membantunya dalam proses belajar. Salah satu contohnya seperti dengan mengajari bagian-bagian tubuh manusia dengan nyanyian dan gerakan “Kepala, Pundak, Lutut, Kaki”.

Lebih Banyak Warna

Moms dan Dads juga bisa mengajak Si Kecil mewarnai, menggambar, atau melukis. Memperkenalkan mereka dengan berbagai warna akan merangsang kecerdasan otaknya. Tahukah Moms kalau bereksperimen dengan warna mampu menjadi terapi bagi Si Kecil yang berkebutuhan khusus? Warna ternyata mampu membantu mereka untuk berkomunikasi dan berekspresi loh.

Mengajari Si Kecil Keterampilan

Satu lagi materi pembelajaran yang sangat disarankan bagi anak berkebutuhan khusus yaitu seni. Moms dan Dads di rumah bisa mengajak Si Kecil bereksperimen dengan membentuk dan menghias seperti membuat bunga dari pita, figura dari kardus, mozaik, dll.

Jangan pernah menyerah untuk mengajari Si Kecil ya Moms karena hanya kita sebagai orang tua yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap masa depannya. Memang sulit menghadapi Si Kecil yang berkebutuhan khusus, namun dengan metode dan materi pembelajaran yang tepat, masalah tersebut dapat diatasi.

Leave a Reply

 

Like Our page