Ini 5 Penyakit dengan Gejala Demam yang Sering Dialami Anak

February 6, 2017
Ini 5 Penyakit dengan Gejala Demam yang Sering Dialami Anak

Biasanya, saat Si Kecil badannya panas atau demam, apa yang Moms pikirkan? Sebagian besar orang mungkin berpikir bila Si Kecil terkenal flu. Namun, tidak hanya itu saja, Moms. Gejala demam seperti ini ternyata juga dapat menjadi gejala banyak jenis penyakit, bahkan beberapa diantaranya cukup berbahaya. Bila Moms menganggap remeh badan panas dan demam seperti ini, maka Moms jelas melakukan kesalahan disini. Hal ini bisa berakibat fatal bagi Si Kecil. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang diawali dengan demam yang perlu Moms perhatikan.

Demam Berdarah

Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus ini termasuk cukup berbahaya. Biasanya, demam datang secara tiba-tiba dan suhu badan Si Kecil bisa mencapai 40 derajat Celsius. Dan, meskipun Moms memberikan obat penurun panas, demam tidak kunjung hilang. Lalu, pada hari ke-4 hingga ke-7 sejak demam menyerang, demam hilang, namun kondisi Si Kecil sudah sangat lemah, karena jumlah Trombosit yang berkurang banyak. Bila Moms menemukan gejala ini, segera bawa Si Kecil ke dokter.

Tifoid

Mungkin Moms lebih mengenalnya dengan sebutan Tifus. Demam pada penyakit ini datang secara perlahan. Biasanya, demam muncul pada malam hari, dengan suhu badan mencapai 36 hingga 37 derajat Celsius yang cukup normal. Lalu, semakin hari suhu semakin meningkat bahkan di hari ke-7 suhu badan bisa mencapai 40 derajat Celsius.

Flu Singapura

Penyakit ini juga dikenal dengan sebutan Hand Food Mouth Diseases (HFMD). Meskipun penyakit ini banyak menyerang Si Kecil yang masih berusia 2 hingga 5 minggu, Si Kecil usia balita juga dapat terkena, saat kondisinya sedang turun. Gejala demam yang datang biasanya tidak terlalu parah dan berlangsung selama 2 hingga 3 hari. Namun, munculĀ  vesikel atau bagian kulit tubuh yang melepuh kemerahan. Moms perlu membawa Si Kecil ke dokter, bila ada gejala demam dan Si Kecil merasakan sakit pada leher, tangan dan kaki.

Tuberkolosis

Pada orang dewasa gejala Tuberkolosis (TB) sangat jelas terlihat, misalnya batuk terus selama 3 minggu. Namun, untuk Si Kecil, gejalanya tidak jelas. Demam yang tidak terlalu tinggi menjadi awalnya dan berlangsung hingga lebih dari 7 hari. Jadi, bila Moms melihat hal ini, segera bawa ke dokter.

Cacar Air

Demam juga bisa menjadi awal dari penyakit cacar air. Biasanya, penyakit ini bisa sembuh sendiri bila Si Kecil mempunyai daya tahan yang bagus. Namun, untuk lebih amannya, bawa Si Kecil ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Leave a Reply

 

Like Our page