Ingin Si Kecil Taat Agama? Ini Caranya Dads!

November 2, 2016
Ingin Si Kecil Taat Agama? Ini Caranya Dads!

Agama menyumbang banyak peran terhadap sikap dan perilaku si Kecil dalam menjalani kehidupannya kelak. Orangtua dari agama mana pun pasti menginginkan anak-anaknya memiliki akhlak mulia serta sanggup memegang teguh kepercayaannya sampai tua nanti. Dads, selaku kepala keluarga, bertugas untuk menanamkan nilai-nilai dari kepercayaan yang selama ini dianut kepada si Kecil. Nah, di bawah ini ada beberapa metode yang bisa Dads terapkan agar si Kecil taat agama.

Memberikan Contoh/Teladan yang Baik

Seperti yang kita tahu, si Kecil memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang terjadi di sekitarnya, termasuk yang dilakukan Dads. Manfaatkan kesempatan ini dengan menunjukkan hal-hal baik yang bisa dia tiru. Misalnya membuang sampah pada tempatnya dan beribadah tepat waktu.

Membangun Suasana dan Lingkungan Religius

Ciptakan suasana dan lingkungan religius di sekitar si Kecil; baik saat dia di rumah atau sedang bersama teman-temannya. Salah satu hal yang dapat Dads lakukan untuk menanamkan nilai-nilai agama kepada si Kecil adalah mendaftarkannya ke sekolah-sekolah keagamaan.

Mengingatkan Si Kecil untuk Beribadah

Jika Dads beragama Islam, biasakan untuk membangunkan si Kecil untuk melakukan salat subuh atau mengaji seusai salat maghrib. Mengajaknya ke tempat ibadah seperti masjid, gereja, atau pura sejak dini akan semakin membuatnya akrab dan familier dengan agama yang dia anut.

Perkenalkan Kepada Perlengkapan Ibadah

Selain mengajaknya ke tempat ibadah, Dads juga harus mengenalkannya kepada perlengkapan ibadah. Misalnya, untuk umat Muslim, ada Alquran, tasbih, sajadah, dan mukena. Kemudian ada Injil bagi Dads dan si Kecil yang beragama Nasrani. Hal ini akan kian mendekatkan si Kecil kepada agamanya.

Melakukan Wisata Religi Bersama Keluarga

Agar semakin menyenangkan, Dads bisa mengajak si Kecil melakukan wisata religi ke tempat-tempat yang sarat akan kandungan agama. Apalagi sekarang sudah banyak agen travel yang menyediakan paket wisata religi untuk keluarga dengan harga yang terjangkau.

Mengajari Aturan dalam Agama Secara Bertahap

Setiap agama pasti memiliki aturan yang harus dipatuhi umatnya. Namun Dads tidak bisa serta-merta meminta si Kecil untuk mempraktikannya. Mulai dari aturan yang paling mudah dia pahami. Lantas, Dads dapat memperkenalkan si Kecil kepada aturan yang lebih sulit secara bertahap.

Demikian tip supaya si Kecil mampu menaati agama yang dia anut. Semoga bermanfaat juga bagi Dads!

Leave a Reply

 

Like Our page