Dads, Anggaran Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Si Kecil?

December 14, 2016
Dads, Anggaran Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Si Kecil?

Ketika menikah, secara tidak langsung Dads juga sudah siap menjadi seorang ayah saat Si Kecil kelak hadir di tengah keluarga. Dalam hal ini, Dads sebagai kepala keluarga pun harus mempersiapkan masa depannya sejak jauh-jauh hari. Apalagi pengeluaran akan terus meningkat seiring bertambahnya usia Si Kecil. Kebutuhan yang harus dipenuhi pun tidak bisa dibilang sedikit. Maka dari itu, Dads harus segera menyusun anggaran agar kehidupan Si Kecil terjamin dengan baik.

Lantas, apa saja anggaran yang wajib Dads siapkan? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

Asuransi Jiwa

Mengapa asuransi jiwa sangat penting bagi Si Kecil? Sebab, paket dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi mampu menjamin Si Kecil secara finansial kalau-kalau nanti ada hal buruk yang menimpa Dads atau Moms. Tentukan perusahaan asuransi yang mampu memberi layanan sesuai kebutuhan Dads. Supaya efektif, pilihlah kebijakan asuransi yang bayarannya dilakukan secara bulanan.

Dana Pensiun

Dads tentunya tidak akan bekerja selamanya, maka dari itu dana pensiun disiapkan. Sayangnya, dana ini kadang terpakai untuk hal-hal urgent lain dan terlupakan begitu saja. Supaya dana pensiun tidak cepat habis, ada baiknya Dads menyimpannya dalam rekening khusus, terpisah dari tabungan yang dipakai untuk keperluan mendadak. Jadi kelak saat Si Kecil butuh biaya untuk sekolah atau kuliah, Dads dapat mengeluarkan dana tersebut.

Biaya Darurat

Tak jarang ada kejadian-kejadian di luar dugaan yang memaksa Dads untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang tak sedikit, misalnya Si Kecil tiba-tiba terserang penyakit yang mengharuskannya dirawat di rumah sakit. Supaya Dads tidak bingung karena kekurangan dana, siapkan tabungan untuk biaya darurat yang bisa diambil dalam situasi dan kondisi mendesak. Jadi, Si Kecil pun dapat ditangani secara cepat dan baik oleh dokter dan tim medis.

Biaya Pendidikan

Bukan rahasia lagi kalau biaya pendidikan semakin tinggi dari tahun ke tahun. Meski Si Kecil baru lahir, ada baiknya Dads mempersiapkan dana untuk sekolah dan kuliahnya sejak sekarang. Hal tersebut akan sangat membantu Dads maupun Moms di kemudian hari. Sebab, biaya pendidikan yang disiapkan sejak jauh-jauh hari akan menekan pengeluaran saat Si Kecil masuk sekolah. Selain itu, Dads juga jadi bisa mempersiapkan tabungan lain untuk masa depan keluarga.

Selamat menyusun anggaran!

Leave a Reply

 

Like Our page